Pengembangan media promosi perumahan berbasis virtual reality deskriptif interaktif / Angga Yustianza Syahputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media promosi perumahan berbasis virtual reality deskriptif interaktif / Angga Yustianza Syahputra

Syahputra, Angga Yustianza (2016) Pengembangan media promosi perumahan berbasis virtual reality deskriptif interaktif / Angga Yustianza Syahputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahputra Angga Yustianza. 2016. Pengembangan Media Promosi Perumahan Berbasis Virtual Reality Deskriptif Interaktif. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II) Drs. Suparno S.T M.T. Kata Kunci Media Promosi Virtual Reality Daya Jual dan Daya Saing Berdasarkan hasil survey di lapangan media promosi yang digunakan untuk memasarkan perumahan pada umumnya menggunakan cara konvensional yaitu media promosi 2 dimensi (2D) yang berupa brosur banner dan poster sedangkan media promosi 3 dimensi (3D) berupa maket. Media promosi tersebut masih memiliki beberapa kendala yaitu pada brosur banner dan poster desain bangunan hanya bisa dilihat secara tekstual berupa hasil gambar yang di print out. Sedangkan pada maket hanya bisa dilihat tampilan luarnya saja sehingga konsep dan keunggulan rumah kurang bisa dipahami oleh orang awam. Mengantisipasi kendala tersebut dibutuhkan model media promosi perumahan yang lebih efektif dan dapat meningkatkan daya jual serta daya saing salah satunya adalah media promosi perumahan berbasis virtual reality deskriptif interaktif. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan suatu produk dan mengetahui kelayakan produk media promosi berbasis virtual reality deskriptif interaktif. Penelitian mengacu pada model pengembangan Research and Development (R D) dari Borg and Gall (1983 775). Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian berupa angket yang sudah divalidasi oleh dosen selanjutnya diberikan kepada ahli media arsitek dan responden pada saat uji coba kelayakan produk. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif untuk menilai kevalidan produk yang dihasilkan sedangkan data kualitatif berupa saran dan tanggapan dari para validator. Data hasil validasi ahli media menyatakan bahwa produk tersebut sudah termasuk kriteria sangat valid dengan presentase 90% sedangkan data hasil validasi arsitek menyatakan bahwa produk tersebut juga termasuk kriteria cukup valid dengan presentase 84.6% dan data hasil validasi uji coba kelayakan produk menyatakan bahwa produk tersebut termasuk kriteria sangat valid dengan presentase 86 13%. Produk tersebut juga telah mengalami perbaikan sesuai saran dari ahli media arsitek dan responden pada saat uji coba kelayakan produk yaitu memperbaiki tampilan isi media mempertajam warna dan detail material memperbaiki tampilan teks serta memberi menu dan shortcut pemilihan ruang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media promosi perumahan berbasis virtual reality deskriptif interaktif telah memenuhi kriteria validitas sehingga layak digunakan sebagai media promosi dalam pemasaran perumahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44216

Actions (login required)

View Item View Item