Penerapan PBL (Project Based Learning) pada mata pelajaran konstruksi bangunan guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Bojonegoro / Nixen Novian Mangku Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan PBL (Project Based Learning) pada mata pelajaran konstruksi bangunan guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Bojonegoro / Nixen Novian Mangku Raharjo

Raharjo, Nixen Novian Mangku (2016) Penerapan PBL (Project Based Learning) pada mata pelajaran konstruksi bangunan guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Bojonegoro / Nixen Novian Mangku Raharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novian Nixen M.R. 2015. Penerapan PBL(Project Based Learning ) Pada Mata Pelajaran Kontruksi Bangunan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Bojonegoro. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Suwarno M.Ed. M.Pd. (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T Kata Kunci Project Based Learning hasil belajar. Dari pembelajaran mata pelajaran kontruksi bangunan di Smk Negeri 2 Bojonegoro ditemukan beberapa fakta antara lain (1) Siswa terlihat bermalas-malasan (2) Siswa kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan (3) Siswa kurang memperhatikan guru dan (4) Nilai yang dicapai siswa masih rendah (5) Banyak siswa yang membolos. Penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dapat menyebabkan hasil belajar yang rendah. Untuk memperbaiki kondisi tersebut maka peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran project based learning yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan keaktifan siswa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan tugas pada setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas kegiatan belajar siswa pada siklus I dan siklus II dan (2) Model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kontruksi Bangunan . Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68 75% dan pada siklus II mencapai 93 75%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar yang terjadi pada siklus I ke siklus II yaitu mencapai 25%. Penelitian ini disarankan kepada (1) guru dapat menggunakan metode pembelajaran project based learning sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa (2) Bagi siswa hendaknya lebih banyak berlatih untuk mengkontruksi pengetahuannya secara mandiri dan harus lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran dan (3) Bagi peneliti selanjutnya dapat membandingkan menggabungkan dan mengembangkan model pembelajaran project based learning ini dengan model pembelajaran lainnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44181

Actions (login required)

View Item View Item