Pengembangan media pembelajaran utilitas bangunan berbasis mobile learning untuk siswa SMK Negeri 6 Malang kelas X Teknik Gambar Bangunan / Meikke Hendra Sukma Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran utilitas bangunan berbasis mobile learning untuk siswa SMK Negeri 6 Malang kelas X Teknik Gambar Bangunan / Meikke Hendra Sukma Setyawan

Setyawan, Meikke Hendra Sukma (2014) Pengembangan media pembelajaran utilitas bangunan berbasis mobile learning untuk siswa SMK Negeri 6 Malang kelas X Teknik Gambar Bangunan / Meikke Hendra Sukma Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setyawan Meikke H. S. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Utilitas Bangunan Berbasis Mobile Learning untuk Siswa SMK Negeri 6 Malang Kelas X Teknik Gambar Bangunan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mujiyono M. Pd. (II) Imam Alfianto S.T. M.T. Kata kunci Media Pembelajaran Utilitas Bangunan Mobile Learning Materi Utilitas Bangunan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan merupakan mata pelajaran yang wajib dimengerti dan dipelajari oleh siswa sebelum merencanakan sebuah bangunan karena aspek utama dari sebuah bangunan adalah kenyamanan bangunan tersebut. Materi Utilitas Bangunan adalah materi baru bagi siswa yang menempuh jenjang SMK kelas X. Hal tersebut dikarenakan siswa tidak mendapatkan mata pelajaran Utilitas Bangunan pada jenjang SMP. Dari hasil observasi saat melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 6 Malang semester gasal 2012/2013 diketahui bahwa (1) Proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga murid cepat jenuh untuk mendengarkan pelajaran yang disampaikan (2) Kurangnya buku pelajaran yang tersedia di perpustakaan dan guru hanya mengandalkan mencatat materi yang tertera pada layar LCD dan hand out dari guru yang difotokopi dalam sekali tatap muka (3) Pemanfaatan ponsel yang hanya sebatas sebagai hiburan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk (1) menghasilkan Media Pembelajaran Utilitas Bangunan yang dapat diakses pada ponsel bersistem operasi Android serta dapat diakses pada komputer PC dan laptop (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Aplikasi yang digunakan dalam mengembangkan media adalah Adobe Flash Professional CS6. Model pengembangan dan penelitian yang dipakai dalam mengembangkan media pembelajaran bebasis mobile learning ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick dan Carey (1978). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengembangan Media Pembelajaran Utilitas Bangunan diperoleh hasil (1) Prosentase tingkat kelayakan media oleh Ahli Materi adalah 85 14% yang berarti Valid (2) Prosentase tingkat kelayakan media oleh Ahli Media adalah 92 11% yang berarti Valid (3) Prosentase tingkat kelayakan media oleh Praktisi Lapangan (guru) adalah 84 38% yang berarti Valid (4) Prosentase tingkat kelayakan media oleh Pengguna (siswa) adalah 85 77% yang berarti Valid. 12288 12288 12288 12288 Saran untuk peneliti selanjutnya yang akan mengembangkan media pembelajaran serupa adalah agar menguasai sepenuhnya aplikasi yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran mematangkan konsep media pembelajaran yang akan dikembangkan dan materi yang disajikan pada media pembelajaran padat dan luas serta tampilan media pembelajaran yang dikembangkan lebih menarik dengan ditambahnya animasi-animasi sesuai bahasan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44101

Actions (login required)

View Item View Item