Penerapan model problem based learning menggunakan media visual pada matadiklat menghitung konstruksi bangunan guna meningkatkan hasil belajar siswa SMKN 1 Winongan Pasuruan / Raya Indah Safura - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning menggunakan media visual pada matadiklat menghitung konstruksi bangunan guna meningkatkan hasil belajar siswa SMKN 1 Winongan Pasuruan / Raya Indah Safura

Safura, Raya Indah (2014) Penerapan model problem based learning menggunakan media visual pada matadiklat menghitung konstruksi bangunan guna meningkatkan hasil belajar siswa SMKN 1 Winongan Pasuruan / Raya Indah Safura. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Safura Raya Indah. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Visual pada Matadiklat Menghitung Konstruksi Bangunan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Winongan Pasuruan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro S.T M.Pd. (II) Drs. Antelas Eka Winahyo M.Pd. Kata kunci Problem Based Learning media visual menghitung konstruksi bangunan Proses pembelajaran di kelas memerlukan inovasi dan variasi model pembelajaran dari guru agar tercipta PAKEM. Inovasi dalam pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan mencoba beberapa model pembelajaran yang cocok untuk sebuah mata pelajaran. Dalam observasi yang telah dilakukan penerapan metode ceramah dengan media papan tulis menyebabkan terjadinya kesalahan pemahaman konsep pembahasan materi terlalu cepat atau terlalu lambat bagi siswa dan terjadi kejenuhan dalam pelaksanaan pembelajaran serta siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu perlu diimplementasikan pembelajaran inovasi. Salah satu pembelajaran yang tepat yaitu model Problem Based Learning Menggunakan Media Visual. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning menggunakan media visual pada mata pelajaran menghitung konstruksi bangunan pada kompetensi keahlian teknik konstruksi batu dan beton (2) mendeskripsikan prestasi belajar (ketuntasan belajar klasikal) dalam penerapan Problem Based Learning menggunakan media visual pada mata pelajaran menghitung konstruksi bangunan pada kompetensi keahlian teknik konstruksi batu dan beton. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Data penelitian meliputi (1) proses pembelajaran guru dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan media visual data diperoleh dengan cara observasi (2) aktivitas guru dan siswa data diperoleh menggunakan cara observasi dan (3) hasil belajar data yang diperoleh dari tes. Penelitian ini menunjukkan pertama model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media visual pada matadiklat Menghitung Konstruksi Bangunan dapat dilakukan dengan baik dengan tahapan yang telah sesuai dengan teori. Kedua Pada hasil observasi untuk siswa siklus II meningkat 9 7% terhadap siklus I sedangkan siklus III meningkat 10 6% terhadap siklus II dengan prosentase hasil siklus III sebesar 86 0% dan ketiga model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media visual pada matadiklat menghitung konstruksi bangunan dapat meningkatkan hasil belajar klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat 13 61% sedangkan siklus II ke siklus III 8 53%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning menggunakan media visual dapat diterapkan pada matadiklat Menghitung Konstruksi Bangunan serta dapat meningkatkan ketuntasan belajar dan keaktifan siswa. Disarankan kepada (1) guru dapat menerapkan Problem Based Learning menggunakan media visual sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X BBT (2) siswa hendaknya banyak berlatih dan membiasakan diri untuk memecahkan masalah dalam diskusi kelompok siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44072

Actions (login required)

View Item View Item