Konstribusi informasi tentang SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan terhadap minat siswa SMP negeri di Kota Kediri melanjutkan studi ke SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan / Yulia Syafiatul Ilma - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstribusi informasi tentang SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan terhadap minat siswa SMP negeri di Kota Kediri melanjutkan studi ke SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan / Yulia Syafiatul Ilma

Ilma, Yulia Syafiatul (2014) Konstribusi informasi tentang SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan terhadap minat siswa SMP negeri di Kota Kediri melanjutkan studi ke SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan / Yulia Syafiatul Ilma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilma Yulia Syafiatul. 2104. Kontribusi Informasi tentang SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan terhadap Minat Siswa SMP Negeri di Kota Kediri Melanjutkan Studi ke SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Made Wena M. Pd. M.T. (II) Drs. I Made Oka Mulya M.Pd. Kata kunci kontribusi informasi minat SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan SMK merupakan salah satu pilihan sekolah lanjutan setelah lulus SMP. SMK telah menjadi salah satu wujud Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Pemerintah tahun 2005-2025 untuk meningkatkan kemampuan bangsa Indonesia. Saat ini minat siswa SMP untuk melanjutkan studi ke SMK mulai mengalami peningkatan kecuali untuk SMK bidang keahlian teknik bangunan yang peminatnya terus menurun pertahunnya termasuk SMK di Kota Kediri. Bahkan Dinas pendidikan Kota Kediri menyatakan akan menghapus jurusan tersebut karena jumlah siswanya terus berkurang. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pembahasan mengenai keterkaitan antara informasi dan minat tentang SMK bidang keahlian teknik bangunan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan intensitas informasi tentang SMK bidang keahlian teknik bangunan (variabel bebas) minat lanjut studi ke SMK bidang keahlian teknik bangunan (variabel terikat) dan kontribusi antara informasi dengan minat tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN di Kota Kediri angkatan 2013-2014 berjumlah 2569 siswa pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan melihat tabel sampel Isaac dan Michael diperoleh jumlah sampel sebanyak 306 orang instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) intensitas informasi tentang SMK bidang keahlian teknik bangunan pada siswa SMPN di Kota Kediri tergolong tinggi dengan persentase 74 18% 2) minat melanjutkan studi ke SMK bidang keahlian teknik bangunan tergolong sangat rendah dengan persentase 41 18% 3) ada kontribusi antara informasi tentang SMK bidang keahlian teknik bangunan (X) dengan minat melanjutkan studi ke SMK bidang keahlian teknik bangunan (Y) pada siswa SMPN di Kota Kediri (R 0 276 F 25 135 p 0 000) dengan sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel terikat yang kecil yaitu R2 0 076 atau 7 6%. Dirumuskan persamaan regresinya Y 35 404 0 286X. Seberapapun besar intensitas informasi tentang SMK bangunan pada siswa SMP belum mampu membuat minat mereka menjadi sangat tinggi juga atau bergerak sejajar mengikuti arah gerak intensitas informasinya. Sebab kontribusi yang diberikan kecil dan informasi yang diperoleh belum sampai pada tahap pemahaman. Sehingga perlu diupayakan cara agar informasi tentang SMK bangunan lebih dapat mempengaruhi minat siswa SMP ke SMK bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44071

Actions (login required)

View Item View Item