Pengaruh soft skill terhadap prestasi mata kuliah praktik industri pada mahssiswa angkatan tahun 2009 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Abdullah Habibi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh soft skill terhadap prestasi mata kuliah praktik industri pada mahssiswa angkatan tahun 2009 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Abdullah Habibi

Habibi, Abdullah (2013) Pengaruh soft skill terhadap prestasi mata kuliah praktik industri pada mahssiswa angkatan tahun 2009 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Abdullah Habibi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Habibi Abdullah. 2013. Pengaruh Soft Skill terhadap Prestasi Matakuliah Praktik Industri pada Mahasiswa Angkatan Tahun 2009 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. (II) Dra. Sri Agrariani Judowati M.Pd. Kata kunci soft skill prestasi belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UM pada saat melaksanakan kerja praktik industri terkadang sulit untuk mendapatkan beberapa data untuk kelengkapan laporannya hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan mahasiswa dalam bernegosiasi dengan perangkat proyek di lapangan. Kegunaan penelitian adalah sebagai masukan dalam mengaplikasikan pembelajaran soft skill pada mata kuliah tertentu terutama mata kuliah praktik industri motivasi untuk mahasiswa meningkatkan soft skill yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua mahasiswa angkatan tahun 2009 program studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2009 yang telah memprogram mata kuliah Praktik Industri sebanyak 45 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagian besar pencapaian soft skill mahasiswa angkatan 2009 PTB UM dalam kategori sangat baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa soft skill berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Saran peneliti diantaranya meliputi Jurusan Teknik Sipil UM dapat mengaplikasikan pembelajaran soft skill pada mata kuliah selain mata kuliah praktik industri agar mahasiswa lebih memahami soft skill dan bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambahkan atribut soft skill yang lain tidak hanya atribut kedisiplinan perilaku dan kemampuan kerja profesional agar mengetahui atribut soft skill apa saja yang berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44050

Actions (login required)

View Item View Item