Wibowo, Restu Mukti Arif (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata diklat konstruksi kayu KKY) SMK Negeri 1 Wonoasri Madiun / Restu Mukti Arif Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wibowo Restu Mukti Arif. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Diklat Konstruksi Kayu (KKY) SMK Negeri 1 Wonoasri Madiun. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Agrariani Judowati M.Pd (II) Drs. Mujiyono M.Pd. Kata kunci Penerapan pembelajaran model STAD hasil belajar KKY-2 Model pembelajaran yang baik adalah model yang bisa mengoptimalkan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga siswa lebih aktif dan mampu mencapai hasil belajar yang optimal. Pada SMKN 1 Wonoasri kelas X KKY-2 ini dalam proses pembelajaran mata pelajaran teknik konstruksi kayu masih menggunakan model konvensional. Model pembelajaran demikian kurang melibatkan siswa secara aktif. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan melatih diri siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri adalah pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan tentang model pembelajaran khususnya pembelajaran kooperatif model STAD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X KKY-2 SMK N 1 Wonoasri Madiun pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa yang seluruhnya adalah laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi wawancara tes hasil belajar catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu data yang bersifat kualitatif secara keseluruan ditelaah dan dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulan sedangkan data yang bersifat kuantitatif dilakukan analisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas menunjukkan peningkatan terbukti dari peningkatan keaktifan siswa selama dilakukan tindakan dan dari peningkatan hasil belajar kelompok siswa dari siklus I ke siklus II. Selain itu prestasi belajar siswa juga meningkat setelah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD. Sebelum dilakukan penerapan pembelajar jumlah siswa yang tuntas belajar secara klasikal hanya 11 orang atau sebesar 37 9% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran namun setelah diterapkan model belajar STAD jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 19 siswa atau sebesar 66% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 28 siswa atau sebesar 96 6% dari jumlah siswa keseluruhan yang mengikuti pembelajaran ini. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai melampaui ketuntasan belajar yang ditentukan sekolah yaitu sebesar 85%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44045 |
Actions (login required)
View Item |