Pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa SMKN 2 Bojonegoro pada mata pelajaran kewirausahaan / Fantoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa SMKN 2 Bojonegoro pada mata pelajaran kewirausahaan / Fantoni

Fantoni (2013) Pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa SMKN 2 Bojonegoro pada mata pelajaran kewirausahaan / Fantoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fantoni. 2012. Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Bojonegoro pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. N. Bambang Revantoro S.T. M.T. (II) Ir. Henri Siswanto M.T. Kata Kunci Modul Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK Negeri 2 Bojonegoro Dalam pembelajaran modul keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan belajar siswa secara mandiri sehingga pengetahuan yang dikuasai siswa adalah hasil belajar yang dilakukannya sendiri. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan masih cukup rendah oleh karena itu modul pembelajaran sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan kesempatan siswa untuk dapat belajar secara mandiri. Penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penerapan modul pembelajaran mampu meningkatkan prestasi/hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (2) apakah ada peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol . Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan sampel penelitiannya adalah kelas X 1 dan X 2. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan modul (X) sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y). Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji Anacova dengan 945 0 05 terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diajar mengunakan modul dengan rata-rata sebesar 82 20 dan siswa yang tidak diajar menggunakan modul dengan rata-rata sebesar 72 20 ini membuktikan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (2) ada peningkatan hasil belajar kelompok ekperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44044

Actions (login required)

View Item View Item