Hubungan kondisi sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa Teknik Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang / Tan Wigih Rananggono - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kondisi sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa Teknik Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang / Tan Wigih Rananggono

Rananggono, Tan Wigih (2013) Hubungan kondisi sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa Teknik Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang / Tan Wigih Rananggono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rananggono Tan Wigih. 2013. Hubungan Kondisi Sarana dan Prasarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. H. Bambang Widarta M.T. Kata kunci Kondisi sarana kondisi prasarana prestasi belajar. Sarana adalah semua perangkat peralatan bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah sedangkan prasarana adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pembelajaran. Dijelaskan bahwa kondisi sarana dan prasarana belajar merupakan semua kondisi peralatan bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah dan semua kondisi perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pembelajaran dalam dua hal tersebut apakah terdapat hubungan dengan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar itu sendiri adalah hasil belajar siswa yang dapat diketahui dari tingkah laku pengetahuan serta dapat dilihat dari hasil belajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kondisi sarana dan prasarana belajar siswa teknik gambar bangunan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Nasional Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi terhadap siswa Teknik Gambar Bangunan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif Hasil penelitian ini bahwa hipotesis (H0) diterima yaitu Tidak ada hubungan yang signifikan terhadap kondisi sarana dan prasarana dengan prestasi belajar siswa Teknik Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang . Kondisi sarana dan prasarana belajar di SMK Nasioanal Malang dinyatakan dalam angket dari pendapat siswa dalam keadaan baik dan prestasi belajar siswa diambil dari daftar nilai semester ganjil menyatakan bahwa hasil belajar siswa dari hasil nilai sumatif dalam keadaan cukup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kondisi sarana dan prasarana belajar siswa kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan yang baik tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Nasional Malang hal tersebut dikarenakan banyak faktor yang mempengarui prestasi belajar yaitu Faktor dari dalam diri seseorang (intrinsic) dan Faktor dari luar seseorang (extrinsic)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44040

Actions (login required)

View Item View Item