Perbandingan hasil uji kuat tekan beton menggunakan cara destruktif dan non destruktif / Happy Silvana Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil uji kuat tekan beton menggunakan cara destruktif dan non destruktif / Happy Silvana Anggraeni

Anggraeni, Happy Silvana (2013) Perbandingan hasil uji kuat tekan beton menggunakan cara destruktif dan non destruktif / Happy Silvana Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraeni Happy Silvana. 2013. Perbandingan Hasil Uji Kuat Tekan Beton Menggunakan Cara Destruktif dan Non Destruktif. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Eddy Eko Susilo M.T (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci UPV Hammer Non Destruktif. Kekuatan beton dapat diukur secara destruktif dan non destruktif. Tes destruktif merupakan pengukuran secara langsung benda uji ditekan dengan mesin sampai pecah sehingga diperoleh data kuat tekan aktual. Tes non destruktif dilakukan secara tidak langsung jenis yang umum dipakai adalah hammer test dan UPV test kekuatan beton diperkirakan dari konversi hasil hammer test dan UPV test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kekuatan beton secara destruktif dan non destruktif. Secara destruktif menggunakan uji tekan silinder sedangkan non destruktif dengan hammer test dan UPV test. Disain menggunakan penelitian deskriptif dengan 10 buah sampel silinder beton mutu K225 (fc 19MPa). Pengujian dilakukan setelah beton umur 28 hari pengumpulan data tes destruktif menggunakan Universal Testing Machine tes non destruktif menggunakan hammer test dan UPV test. Pengolahan data hammer test dengan konversi pantulan massa hammer menjadi perkirakan kekuatan beton menggunakan grafik yang sudah ada pada alat pengolahan data UPV test menggunakan formula-formula hasil penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini adalah perkiraan kekuatan tekan menggunakan hammer test besarnya 88% dari kekuatan tekan beton secara aktual dan perkiraan kekuatan tekan beton dengan UPV test menggunakan formula CS 2 701PV 17 1589 besarnya 104% kali uji tekan beton secara aktual. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan sepuluh sampel silinder beton maka peneliti menyarankan perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan jumlah sampel yang lebih banyak dan berbagai macam mutu beton melakukan penelitian serupa menggunakan sampel coring beton bangunan-bangunan yang sudah berdiri dan melakukan penelitian serupa menggunakan tes UPV metode semi langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44022

Actions (login required)

View Item View Item