Karakteristik kecelakaan lalu-lintas pada ruas jalan Caruban - Ngawi / Bima Oktaviastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik kecelakaan lalu-lintas pada ruas jalan Caruban - Ngawi / Bima Oktaviastuti

Oktaviastuti, Blima (2013) Karakteristik kecelakaan lalu-lintas pada ruas jalan Caruban - Ngawi / Bima Oktaviastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci karakteristik kecelakaan ruas jalan Caruban-Ngawi. Ruas jalan pertigaan pasar (Caruban)-Terminal Kertonegoro (Ngawi) merupakan jalan arteri primer yang menghubungkan antara Kabupaten Madiun-Ngawi-Jawa Tengah. Jumlah kendaraan yang lewat pada ruas ini harus sebanding dengan kapasitas jalannya sehingga tidak berujung pada kecelakaan lalu-lintas. Lokasi rawan kecelakaan adalah suatu lokasi dimana angka kecelakaan tinggi dengan kejadian kecelakaan berulang dalam suatu ruang dan rentang waktu yang relatif sama yang diakibatkan oleh suatu penyebab tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang akan mengolah data mengenai kecelakaan lalu-lintas disepanjang ruas jalan pertigaan pasar (Caruban)-Terminal Kertonegoro (Ngawi) dengan mengutip data Satlantas Polres Madiun dan Polres Ngawi. Dilakukan pula survei lalu-lintas kendaraan yang melewati ruas jalan ini. Selain itu tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui gambaran kondisi dan daerah rawan kecelakaan serta nantinya diharapkan dapat digunakan untuk kebijakan instansi terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kurun waktu mulai dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2012 terdapat 405 kali kecelakaan yang mengakibatkan 356 orang mengalami luka ringan 304 orang mengalami luka berat dan 110 orang meninggal dunia dengan rata-rata usia 16-25 tahun sebanyak 204 orang (27%). Kecenderungan terjadinya kecelakaan terjadi pada hari Selasa sebanyak 88 kali antara pukul 06.00-06.59 dengan jumlah 66 kejadian. Tipe tabrak depan-samping (118 kejadian) sebagai kecelakaan ganda (302 kejadian) dengan melibatkan kendaraan terbanyak sepeda motor (483 unit) pada kondisi lingkungan dengan cuaca yang cerah (363 kali). Kerugian material selama kurun waktu 5 tahun yang ditimbulkan mencapai Rp849.050.000 00. Penentuan patok kilometernya menuju arah kota Ngawi dari titik awal stationing pada KM 148 S.BAYA (pertigaan pasar Caruban). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh angka Upper Control Limit (UCL) 177 31 yang berfungsi sebagai penentu area blackspot pada ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan evaluasi kembali titik daerah rawan kecelakaan di sepanjang ruas jalan pertigaan pasar (Caruban)-Terminal Kertonegoro (Ngawi). Selain itu diharapkan petugas yang berwenang lebih rinci dalam mencatat informasi kecelakaan dan merawat atau menambahkan bangunan pelengkap jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44014

Actions (login required)

View Item View Item