Analisis kecelakaan lalu lintas pengguna sepeda motor pada ruas jalan Kota Jombang/KM 0.000 - Mojokerto/KM 17.200 / Meilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kecelakaan lalu lintas pengguna sepeda motor pada ruas jalan Kota Jombang/KM 0.000 - Mojokerto/KM 17.200 / Meilia

Meilia (2013) Analisis kecelakaan lalu lintas pengguna sepeda motor pada ruas jalan Kota Jombang/KM 0.000 - Mojokerto/KM 17.200 / Meilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis kecelakaan lalu lintas sepeda motor Jombang merupakan kabupaten yang strategis karena berada di persimpangan jalur lintas Selatan Pulau Jawa. Seiring dengan bertambahnya penduduk di Kabupaten Jombang tiap tahunnya menyebabkan kebutuhan transportasi juga semakin meningkat khususnya pengguna sepeda motor. Bertambahnya sepeda motor tersebut secara tidak langsung akan memperbesar resiko bertambahnya permasalahan lalu lintas yaitu berhubungan dengan kapasitas jalan sehingga terjadi kemacetan dan kecelakaan yang akan berdampak pada turunnya kinerja pelayanan jalan. Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu kejadian di jalan yang tidak dapat disangka dan diduga kapan terjadinya dan dimana lokasi kejadiannya yang menyebabkan kerugian materiil berupa harta benda dan non materiil yaitu korban jiwa. Faktor-faktor penyebab kecelakaan terdiri dari (1) pengemudi (kurang berhati-hati mengantuk mabuk ugal-ugalan lengah penglihatan kurang memperhatikan dan melanggar rambu-rambu lalu lintas) (2) lingkungan dan jalan (pejalan kaki material yang ada di jalan dan kondisi jalan yang berlubang/rusak) dan (3) kendaraan (rem rusak ban bocor/halus dan lampu kendaraan). Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan data yang diperoleh berupa data sekunder dari buku register di Satlantas dari bulan Januari 2008 sampai dengan bulan Desember 2012 dan data primer berupa volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) kondisi ruas jalan pada daerah rawan kecelakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pertama faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling tinggi adalah faktor pengemudi (66%) yang kedua faktor lingkungan dan jalan (22%) dan yang ketiga faktor kendaraan (7%) dan faktor lain-lain (5%). Kondisi ruas jalan yang kurang baik juga mempengaruhi tingkat jumlah kecelakaan lalu lintas pada daerah rawan kecelakaan seperti permukaan jalan yang rusak rambu-rambu yang tidak berfungsi tidak adanya penerangan jalan perilaku pengguna sepeda motor yang masih sering melanggar peraturan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44008

Actions (login required)

View Item View Item