Evaluasi tingkat ranah dan kualitas soal yang dibuat oleh guru SMK PGRI 1 Lamongan / Annisa' Carina - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi tingkat ranah dan kualitas soal yang dibuat oleh guru SMK PGRI 1 Lamongan / Annisa' Carina

Carina, Annisa' (2013) Evaluasi tingkat ranah dan kualitas soal yang dibuat oleh guru SMK PGRI 1 Lamongan / Annisa' Carina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci tingkat ranah kualitas soal guru Guru sebagai tenaga profesional dibidang pendidikan hendaknya mampu menyusun soal dengan baik sebagai proses evaluasi belajar peserta didiknya. Kemampuan guru dalam membuat soal akan berdampak pada prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penyebaran tingkat ranah soal yang dibuat oleh guru SMK PGRI 1 Lamongan (2) kualitas soal yang dibuat oleh guru SMK PGRI 1 Lamongan. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian deskriptif dengan data yang diperoleh berupa dokumen soal buatan guru di SMK PGRI 1 Lamongan untuk mata pelajaran program keahlian teknik bangunan dan jawaban peserta didik dari soal tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pertama ranah kognitif soal yang dibuat oleh guru pada tingkatan aspek pemahaman dan tingkatan aspek aplikasi hampir memenuhi kriteria ideal. Tingkatan aspek pengetahuan terlalu banyak dari kriteria ideal. Tingkatan aspek analisis dan tingkatan aspek sintesis terlalu kecil dari kriteria ideal. Sedangkan tingkatan aspek evaluasi tidak tersedia. Kedua kualitas soal yang dibuat oleh guru menghasilkan validitas soal sangat jelek dan reliabilitas soal tingkat sedang. Indeks kesukaran didominasi soal yang mudah yaitu sebesar 67 19% dan daya beda yang jelek yaitu sebesar 55 84%. Adapun saran yang dapat diberikan diantaranya (1) guru diharapkan dapat membuat soal sesuai ketentuan yang berlaku sehingga evaluasi melalui penilaian dengan menggunakan tes benar-benar dapat mengukur sejauh mana peserta didik menangkap materi yang telah diajarkan guru (2) hendaknya pihak jurusan lebih memantapkan perkuliahan terkait penyusunan butir soal sehingga ketika mahasiswa telah lulus bisa membuat soal dengan kualitas yang baik (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini bisa dilanjutkan pada populasi yang lebih luas untuk mengetahui kualitas guru dalam menyusun soal secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44006

Actions (login required)

View Item View Item