Dewi, Okky Shafida (2013) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran perubahan kenampakan bumi dan benda langit kelas IV semester II SDN Karangbesuki 4 Malang / Okky Shafida Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dewi Okky Shafida. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit kelas IV Semester II SDN Karangbesuki 4 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Joseph Mbulu M.Pd. (II) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia interaktif Bumi Benda Langit Kelas IV Multimedia interaktif adalah media yang saling berinteraksi dengan user menggabungkan unsur media teks gambar audio video dan animasi. Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. 12288 12288 12288 Tujuan pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk media interaktif yang valid dan efektif sebagai sarana pembelajaran mata pelajaran IPA pada materi pokok perubahan kenampakan bumi dan benda langit kelas IV semester II SDN karangbesuki 4 Malang. Multimedia interaktif pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens yaitu ada beberapa tahapan yaitu tahap analisis dan penilaian tahap desain tahap pengembangan dan implementasi dan tahap evaluasi. 12288 12288 12288 Multimedia interaktif pembelajaran ini divalidasikan oleh ahli media ahli materi dan siswa atau audiens. Berdasarkan hasil data angket ahli media diperoleh total persentase 80%. Sedangkan hasil data angket ahli materi diperoleh total persentase 97 5%. Untuk hasil data angket audiens total persentase 94 51% dan data skor tes hasil belajar siswa uji coba lapangan 96 15%. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Multimedia interaktif ini dinyatakan efektif hal ini terbukti dari hasil belajar siswa yang cukup baik dengan prosentase 96 15% artinya media pembelajaran interaktif ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa mutimedia interaktif ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA dan disarankan agar pihak sekolah lebih meningkatkan pengadaan sarana berupa media pembelajaran sebagai media utama maupun media tambahan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/440 |
Actions (login required)
View Item |