Efektifitas pembimbingan guru pamong pada mahasiswa PPL Prodi PTB di SMK se-Malang Raya / Bayu Kris Dharmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas pembimbingan guru pamong pada mahasiswa PPL Prodi PTB di SMK se-Malang Raya / Bayu Kris Dharmawan

Dharmawan, Bayu Kris (2012) Efektifitas pembimbingan guru pamong pada mahasiswa PPL Prodi PTB di SMK se-Malang Raya / Bayu Kris Dharmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ata kunci Guru Pamong Mahasiswa PPL. Terlihat adanya kecenderungan bahwa Program Pengalaman Lapangan (PPL) belum sesuai dengan harapan yaitu dijadikan sebagai ajang pembelajaran untuk mempersiapkan guru pamong yang professional yang mampu merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana efektifitas bimbingan guru pamong terhadap Mahasiswa PPL. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi PTB yang melaksanakan PPL pada tahun 2011/2012 sedangkan sampel penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data untuk penelitian ini adalah dengan menggunakan metode persentase data yang disertai dengan pembahasannya dikarenakan penelitian ini menggunakan metode deskriptif serta tidak mempunyai hipotesis. Kriteria Efektifitas Pembimbingan Guru Pamong ditentukan minimal memenuhi persentase 60% pola pembimbingan dan standart pembimbingan. Berdasarkan hasil analisis data dari 25 mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan yang melaksanakan PPL 42 1% Responden yang menjawab selalu sebanyak 36 7% responden yang menjawab sering sebanyak 35% responden yang menjawab kadang-kadang sebanyak 19 3% responden yang menjawab tidak pernah sebanyak 9 11%.Kesimpulannya adalah guru pamong dianggap efektif saat membimbing mahasiswa prodi PTB yang melaksanakan PPL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43981

Actions (login required)

View Item View Item