Pelaksanaan pendidikan berbasis karakter di SMK 01 YP 17 Lumajang / Rida Hifza Rosida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pendidikan berbasis karakter di SMK 01 YP 17 Lumajang / Rida Hifza Rosida

Rosida, Rida Hifza (2012) Pelaksanaan pendidikan berbasis karakter di SMK 01 YP 17 Lumajang / Rida Hifza Rosida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pendidikan karakter. Pendidikan berbasis karakter yang memfokuskan pada pembentukan seluruh aspek dimensi manusia sehingga dapat menjadi manusia yang berkarakter. Pemfokusan pada pembentukan karakter siswa karena karakter bangsa merupakan aspek penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu pendidikan karakter siswa sangat penting diantaranya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif. Kegiatan positif ini merupakan salah satu media yang potensial untuk pembinaan karakter kemampuan rasa tanggung jawab sosial bekerja sama menghargai orang lain serta mengembangkan potensi dan prestasi siswa. Melalui pendidikan karakter diharapkan siswa mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pendidikan karakter di SMK 01 YP 17 Lumajang serta melihat gambaran pelaksanaan pendidikan karakter sehingga mampu memperbaiki dan menyempurnakan proses belajar mengajar yang kurang baik. Jenis penelitian ini adalah Survey yaitu penelitian yang dalam pengambilan datanya melakukan perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terlaksana atau tidaknya pelaksanaan pendidikan berbasis karakter di SMK 01 YP 17 Lumajang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 dan 2 semua jurusan di SMK 01 YP 17 Lumajang tahun ajaran 2011/2012. Sampel dipilih dengan cara random sampling yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan berstrata tetap sebagian ada yang kurang proporsional pembagiannya dilakukan sampling ini apabila anggota populasi heterogen (tidak sejenis) disproportionate stratified random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis rerata untuk mengetahui tingkat kualitas pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama komponen kurikulum berupa visi misi tujuan pendidikan struktur muatan kalender akademik silabus dan RPP yang terdapat pada kurikulum berbasis karakter yang dikembangkan di SMK 01 YP 17 Lumajang termasuk dalam kategori baik dengan rentangan skor 2 25-3 24. Walaupun begitu perlu diadakan peninjauan komponen-komponen kurikulum untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan karakter. Kedua Hasil pengujian menggunakan analisis rerata menunjukkan bahwa telah sesuai sesuai dengan hasil analisis perencanaan nilai mean sebesar 2 875 hal ini berarti dalam kategori baik dalam merencanakan pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan berbasis karater mendapatkan nilai mean sebesar 2 92 dan menujukkan hasil baik dalam pelaksanaannya dan mean evaluasi pendidikan karater sebesar 2 83 hal ini berarti dalam kategori baik. Sehingga disimpulkan pelaksanaan pendidikan berbasis karakter termasuk di SMK 01 YP 17 Lumajang dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43972

Actions (login required)

View Item View Item