Studi tentang kualitas ruang terbuka hijau pada perumahan di Kota Batu / Didik NUrdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kualitas ruang terbuka hijau pada perumahan di Kota Batu / Didik NUrdiansyah

Nurdiansyah, Didik (2012) Studi tentang kualitas ruang terbuka hijau pada perumahan di Kota Batu / Didik NUrdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kualitas ruang terbuka hijau latarbelakang pendidikan Ruang Terbuka Hijau yang meliputi Taman dan jalur hijau pada kawasan perumahan sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah-masalah hunian seperti daerah resapan air pengontrol polusi udara tempat bermain serta penyedia udara dengan kualitas yang baik sebagai antisipasi semua hal tersebut setiap wilayah harus memiliki peraturan dan ketentuan tersendiri bagi para pengembang perumahan untuk mengatur tata ruang perumahan seperti yang telah ditetapkan. Berdasarkan uraian singkat diatas muncullah permasalahan umum adalah bagaiamana caranya untuk mencapai tujuan tersebut di Kota Batu dalam mewujudkan peraturan pemerintah Kota Batu tentang Ruang Terbuka Hijau di perumahan yaitu 1) Bagaimana perbandingan luas RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang ada dengan luas perumahan pada perumahan di Kota Batu . 2) Bagaimanakah jenis tanaman dan fasilitas RTH (Ruang Terbuka Hijau) pada lokasi perumahan ditinjau dari pemenuhan standar RTH Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif karena metode ini dapat digunakan untuk mendeskripsikan mencatat menganalisis serta menginterpretasikan data dan variabel kualitas ruang terbuka hijau. Alat pengumpul data yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah lembar observasi kualitas ruang terbuka hijau. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi atau pengamatan non-partisipan. Analisis data melalui pengecekan sajian data penyeleksian dan verifikasi data. Dari penelitian ini dapat ditarik simpulan sebagai berikut 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga perumahan yang diteliti semuanya telah memenuhi standar pemenuhan kebutuhan RTH dengan jumlah minimal 30% dari total luas perumahan yang terdiri dari RTH Privat sebesar 10% dan RTH Publik sebesar 20%. Perumahan no. 1 no. 2 dan no. 3 masing-masing melebihi dari standar minimal pemenuhan RTH yang harus disediakan pengembang perumahan. 2) Vegetasi yang ditanam pada taman pada perumahan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Rata-rata setiap perumahan yang memiliki taman menerapkan 8-9 dari 12 kriteria sudah ditetapkan. Hal yang paling dipentingkan adalah keindahannya bukan fungsi utamanya sebagai paru-paru perumahan. Fasilitas taman masih sangat kurang tiga perumahan semuanya belum memperhatikan fasilitas taman. Hal ini berpengaruh terhadap kondisi penghuni perumahan. 3) Jalur hijau pada perumahan juga masih belum diperhatikan dengan baik karena pada satu perumahan tidak semua jalur jalannya diberi vegetasi pelindung. Vegetasi pada jalur hijau juga kurang mendapat perhatian yang seharusnya karena dari jalur hijau yang diteliti rata-rata perumahan tidak menerapkan kriteria penting dalam pemilihan pohonnya. Kebanyakan yang ditanam adalah pohon palem dengan pengutamaan unsur keindahan dari pada fungsi utamanya sebagai pereduksi unsur-unsur berbahaya di udara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43942

Actions (login required)

View Item View Item