Kuat lentur sambungan jari arah tinggi balok (H) pada balok kayu sengon / Ahmad Luthfil Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Kuat lentur sambungan jari arah tinggi balok (H) pada balok kayu sengon / Ahmad Luthfil Hakim

Hakim, Ahmad Luthfil (2012) Kuat lentur sambungan jari arah tinggi balok (H) pada balok kayu sengon / Ahmad Luthfil Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kayu sengon sambungan jari kuat lentur. Ukuran kayu yang tersedia di pasaran sangat terbatas sedangkan untuk memenuhi material bangunan yang sesuai dengan perencanaan dibutuhkan kayu yang cukup panjang dan besar dimensinya. Masalah ukuran panjang bentang ini dapat diatasi dengan menyambung beberapa kayu menjadi satu kesatuan bentang yang utuh dan panjang sesuai dengan bentang kayu yang direncanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar kuat lentur pada balok kayu sengon dengan mengunakan sambungan jari (finger joint). Benda uji dalam penelitian ini adalah balok kayu sengon berdimensi 4 cm x 6 cm x 150 cm. benda uji dibagi menjadi dua kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol adalah balok kayu sengon tanpa penggunaan sambungan sedangkan kelompok eksperimen adalah balok kayu sengon dengan menggunakan sambungan jari pada arah tinggi balok (h). Penelitian dilaksanakan di Workshop Kayu dan Laboratorium Struktur Teknik Sipil Fakultas Teknik Univesitas Negeri Malang tanggal 28 September 2011 sampai dengan 28 November 2011. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian eksperimen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap balok kayu sengon kelompok kontrol dan balok kayu sengon kelompok eksperimen didapatkan bahwa nilai rata-rata kuat lentur balok kayu sengon kelompok kontrol sebesar 300 25 kg/cm2 dan rata-rata kuat lentur balok kelompok eksperimen sebesar 175 42 kg/cm2 hal ini berarti bahwa nilai rata-rata kuat lentur balok eksperimen adalah 58 42 % kuat lentur kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43940

Actions (login required)

View Item View Item