Studi pelaksanaan manajemen kedisiplinan di SMK PGRI 3 Malang / Amrullah Djunaedy - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pelaksanaan manajemen kedisiplinan di SMK PGRI 3 Malang / Amrullah Djunaedy

Djunaedy, Amrullah (2011) Studi pelaksanaan manajemen kedisiplinan di SMK PGRI 3 Malang / Amrullah Djunaedy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen kedisiplinan siswa Disiplin sebagai alat dan sarana untuk membentuk mengendalikan dan menciptakan pola perilaku seseorang sebagai pribadi yang berada dalam satu lingkungan atau kelompok tertentu. Disiplin sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap siswa karena disiplin menjadi prasyarat bagi pembentukan sikap perilaku dan tata kehidupan berdisiplin yang akan mengantar seorang siswa sukses dalam belajar dan kelak ketika bekerja. Pada tahun 2007/2008 SMK PGRI 3 Malang telah berhasil memenuhi tuntutan pemerintah yang memberikan target bahwa SMK PGRI 3 Tlogomas Kota Malang pada tahun ajaran 2007/2008 harus menampung sejumlah siswa baru minimal 1000 siswa. Keberhasilan SMK PGRI 3 Malang tidak bisa terlepas dari manajemen kedisiplinan yang diterapkan di sekolah tersebut. Bisa dikatakan bahwa SMK PGRI 3 Malang telah berhasil menerapkan manajemen kedisiplinan siswa yang diberi label succes by disiplin . Penelitian ini untuk mengetahui pertama pelaksanaan manajemen kedisiplinan siswa di SMK PGRI 3 Malang kedua kelemahan dan kelebihan pelaksanaan manajemen kedisiplinan di SMK PGRI 3 Malang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Desain deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan secara kualitatif mengenai pelaksanaan kelebihan dan kelemahannya manajemen kedisiplinan siswa. Subyek penelitian ini adalah Kepala Bidang Kesiswaan staf Bidang Kesiswaan guru wali dan siswa SMK PGRI 3 Malang. Metode penggalian data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitan ini menyimpulkan bahwa pertama pelaksanaan manajemen kedisiplinan dijalankan sesuai dengan peraturan SMK PGRI 3 Malang dimana peraturan tersebut berisi tentang pasal-pasal dengan kalimat yang lugas (langsung) mengenai perilaku disiplin di lingkungan sekolah dan luar sekolah serta sanksi-sanksi yangjelas bagi para pelanggarnya.. Kedua kelebihan dari manajemen kedisiplinan SMK PGRI 3 Malang adalah adanya peraturan tertulis yang mengikat setiap siswa untuk berperilaku disiplin di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Perangkat sekolah mampu menegakkan dan menjalankan manajemen kedisiplinan sesuai dengan peraturan tersebut tanpa adanya toleransi. Hal tersebut membuat lulusan SMK PGRI 3 Malang memiliki sifat disiplin mampu bersaing dan laku dalam dunia kerja. Sedangkan kelemahan pelaksanaan disiplin di SMK PGRI 3 Malang adalah kurangnya jumlah guru wali yang menangani siswa dari segi prakerin dirasa terlalu lama jangka waktu pelaksanaannya sehingga dapat mempengaruhi sikap siswa terhadap kebiasaan mereka di sekolah karena sudah terpengaruh lingkungan dunia kerja. Hal ini dapat berpengaruh terhadapo jumlah pelanggaran yang terjadi sehingga menyebabkan tingginya jumlah siswa yang ter-DO (drop out)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43935

Actions (login required)

View Item View Item