Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata diklat gambar kelas X GB SMK Negeri 6 Malang / Christina Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata diklat gambar kelas X GB SMK Negeri 6 Malang / Christina Sari

Sari, Christina (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata diklat gambar kelas X GB SMK Negeri 6 Malang / Christina Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif STAD hasil belajar berpikir kreatif Hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran mata diklat gambar kusen pintu dan jendela kayu menunjukkan adanya beberapa permasalahan. Permasalahan yang muncul dimana belum optimalnya hasil belajar gambar siswa yang berdampak rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Permasalahan lain yang muncul adalah guru terkesan dominan dalam proses pembelajaran yang dilakukan dan metode yang digunakan monoton tidak melibatkan siswa. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan model STAD pada pembelajaran mata diklat gambar kusen pintu dan jendela kayu Semester Genap Tahun Akademik 2010/2011 di SMK Negeri 6 Malang untuk meningkatkan hasil belajar gambar kusen pintu dan jendela kayu dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X GB 2 semester genap tahun ajaran 2010-2011 SMK Negeri 6 Malang yang berjumlah 33 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2011. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi pengamatan keterlaksanaan lembar observasi kemampuan berpikir kreatif rubrik penilaian hasil belajar foto dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian setelah dianalisis menunjukkan bahwa keterlaksanaan model STAD pada siklus I sebesar 89 1 % dan pada siklus II sebesar 94 57% terdapat peningkatan sebesar 5.9% sedangkan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata sebesar 71 63 dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 80 68 terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 9 05 kemampuan berpikir kreatif pada siklus I sebesar 63 13% dan pada siklus II menjadi 67 45%. Penerapan pembelajaran model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat gambar kusen pintu dan jendela. Serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Diharapkan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat digunakan pada mata diklat yang lain guna meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berpikir kreatif siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43930

Actions (login required)

View Item View Item