Penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kelas X TGB1 SMK 1 Singosari / Muthoharoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kelas X TGB1 SMK 1 Singosari / Muthoharoh

Muthoharoh (2011) Penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kelas X TGB1 SMK 1 Singosari / Muthoharoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi pembelajaran kreatif- produktif mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah adalah dengan cara perbaikan proses belajar-mengajar atau pembelajaran. Jika strategi pembelajaran yang digunakan guru menyenangkan siswa maka siswa akan tekun rajin dan antusias menerima pelajajaran yang diberikan. Strategi pembelajaran kreatif-produktif merupakan strategi pembelajaran yang menumbuhkan kreativitas dan produktifitas secara bersamaan serta mengacu pada berbagai pendekatan pembelajaran yang diasumsikan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kelas X TGB1 SMK 1 Singosari Malang dan (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi wawancara observasi soal post-tes/tugas dan catatan lapangan. Setelah itu datadata yang diperoleh dianalisis untuk menjawab semua permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) Penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan kelas X TGB1 SMK 1 Singosari Malang dilakukan dengan membuat program pembelajaran kreatif-produktif yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran soal post test lembar penilaian dan lembar observasi keterlaksanaan penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif untuk siswa dan guru pada setiap tahapan pembelajaran. Selain guru dan siswa hal penting lain yang perlu diobservasi dan sangat mendukung penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif adalah sarana dan prasarana mengajar dan (2) Dengan menerapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif aktifitas belajar siswa di kelas serta presatasi belajar yang dicapai oleh siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) Guru untuk dapat menggunakan strategi pembelajaran kraeatif-produktif pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TGB1 SMK 1 Singosari Malang (2) Siswa hendaknya banyak berlatih dan membiasakan diri untuk mengeluarkan ide maupun gagasanya. Siswa harus lebih aktif dalam setiap tahap pembelajaran dan (3) Sebaiknya dalam penelitian mengenai penerapan strategi pembelajaran kraeatif-produktif dapat diteliti juga faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa baik faktor internal maupun faktor eksternal sehingga dapat diketahui secara signifikan faktor mana yang paling berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43927

Actions (login required)

View Item View Item