Persepsi guru SMK terhadap pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMK Negeri 6 Malang / Agus Salim - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru SMK terhadap pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMK Negeri 6 Malang / Agus Salim

Salim, Agus (2011) Persepsi guru SMK terhadap pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMK Negeri 6 Malang / Agus Salim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

enelitian ini dilakukan di SMKN 6 Malang merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri 6 Malang baik yang berstatus PNS maupun bukan PNS yang sebanyak 116 orang terdiri dari PNS kelompok Produktif 50orang Normatif 12 orang Adaptif 37 orang dan non PNS kelompok kelompok Produktif 8 orang Normatif 3 orang Adaptif 6 orang. dengan teknik Proporsional Cluster Random Sampling. Diambil sampel seluruhnya 30 orang terdiri dari PNS kelompok Produktif 8 orang Normatif 2 orang Adaptif 6 orang dan non PNS kelompok kelompok Produktif 7 orang Normatif 2 orang Adaptif 5 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang meliputi analisa frekuensi dan prosentase. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi guru terhadap pelaksanaan KTSP sebanyak 23 orang (76 67%) termasuk dalam kualifikasi sangat setuju. Sedangkan indikator yang tergolong sangat setuju meliputi penyusunan muatan kurikulum bahan ajar pengembangan program silabus RPP sumber belajar tenaga pendidik indikator pelajaran. Untuk indikator yang tergolong setuju meliputi pemakaian media sarana dan prasarana. Sedangkan indikator metode mengajar dapat diartikan tidak setuju. Karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. (2) Sedangkan untuk persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran sebanyak 25 Orang (83 33%) termasuk dalam kualifikasi sangat setuju. Sedangkan indikator yang tergolong sangat setuju meliputi waktu pelaksanaan melakukan penilaian jenis evaluasi remedial perbaikan metode mengajar. Berdasarkan penelitian ini disarankan dalam penentuan metode mengajar perlu ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Untuk penyikapan evaluasi guru sudah sangat setuju dalam pelaksanaan evaluasi. Tetapi diharapkan juga dapat melaksanakan evaluasi dengan lebih baik lagi agar pelaksanaan KTSP di SMKN 6 Malang dapat berjalan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43913

Actions (login required)

View Item View Item