Hubungan sosial ekonomi orang tua, konsep diri, dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa program keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 1 Singosari Malang / Vila Karyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan sosial ekonomi orang tua, konsep diri, dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa program keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 1 Singosari Malang / Vila Karyawati

Karyawati, Vila (2010) Hubungan sosial ekonomi orang tua, konsep diri, dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa program keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 1 Singosari Malang / Vila Karyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karyawati Vila. 2010. Hubungan Sosial Ekonomi Orang Tua Konsep Diri dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M. Pd. (II) Drs. Made Wena M. Pd. M.T. Kata kunci sosial ekonomi orang tua konsep diri motivasi belajar prestasi belajar Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya sosial ekonomi orang tua konsep diri dan motivasi belajar siswa. Orang tua memegang peranan penting terhadap proses belajar siswa. Orang tua juga berkewajiban memenuhi segala kebutuhan anak untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Dengan memiliki konsep diri yang positif dan motivasi belajar yang tinggi maka prestasi belajar yang dicapai akan baik dan sebaliknya konsep diri yang negatif dan motivasi yang rendah maka prestasi belajar yang dicapai juga kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya hubungan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Singosari Malang (2) ada tidaknya hubungan konsep diri siswa dengan prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Singosari Malang (3) ada tidaknya hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Singosari Malang (4) ada tidaknya hubungan antara sosial ekonomi orang tua konsep diri dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa dokumentasi dan kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Singosari Malang angkatan 2009/2010. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling. Jumlah populasi sebesar 145 siswa sedangkan sampelnya adalah sebesar 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada hubungan positif yang signifikan secara langsung antara sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa (2) ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri siswa dengan prestasi belajar siswa (3) ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa (4) secara bersama-sama ada hubungan antara sosial ekonomi orang tua konsep diri dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) disarankan kepada guru untuk meningkatkan konsep diri dan motivasi belajar siswa karena konsep diri dan motivasi belajar merupakan faktor yang penting dalam peningkatan prestasi belajar (2) bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti serta bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43880

Actions (login required)

View Item View Item