Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran: studi kasus pada SMK Berdikari Jember / Moh. Kholid A. Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran: studi kasus pada SMK Berdikari Jember / Moh. Kholid A. Rohman

Moh. Kholid A. Rohman (2008) Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran: studi kasus pada SMK Berdikari Jember / Moh. Kholid A. Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan wahana yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang merupakan faktor determinan pembangunan. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Berkenaan dengan hal tersebut Keputusan MENPAN nomor 26 tahun 1989 menyatakan bahwa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sangat dibutuhkan adanya tenaga guru yang profesional ditugaskan secara penuh untuk melaksanakan pendidikan di sekolah.kjkjkjkjkkjkkkjkjkjkjkjkjkjkjkjj hjhhhjhMenyadari peran dan tugas berat yang diemban oleh guru maka kinerja guru yang berkualitas sangat dibutuhkan sehinggga proses pembelajaran dapat memperoleh hasil yang optimal. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa ternyata meningkatkan kualitas kinerja guru tidaklah mudah dan berkaitan dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah faktor pendidikan faktor pendapatan dan faktor pengalaman mengajar. Untuk mengungkapkan hal tersebut di atas penelitian ini bertujuan antara lain sebagai berikut. (1) mengetahui pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja guru (2) mengetahui pengaruh tingkat pendapatan terhadap kinerja guru (3) mengetahui pengaruh tingkat pengalaman mengajar terhadap kinerja guru. Penelitian dilakukan di SMK Berdikari Jember dengan populasi yang terdiri dari 36 guru. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah (1) teknik angket dan (2) teknik dokumentasi. Langkah analisis data yang ditempuh meliputi tahap pengolahan uji persyaratan dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kinerja guru SMK Berdikari di Kota Jember. Dari ketiga variabel tersebut mampu menjelaskan perubahan kinerja guru sebesar 93 6 % sedangkan sisanya 4.4 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model persamaan regresi................................................. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan variabel lain misalnya kelengkapan sarana dan prasarana sekolah sistim menagemen sekolah serta model kepemimpinan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43796

Actions (login required)

View Item View Item