Pemahaman Materi SIG pada Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Dikaji dengan Perspektif Konstruksi Sosial - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman Materi SIG pada Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Dikaji dengan Perspektif Konstruksi Sosial

maryono, yoseph nong (2022) Pemahaman Materi SIG pada Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Dikaji dengan Perspektif Konstruksi Sosial. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman mahasiswa terhadap segala materi yang diperoleh dalam perkuliahan merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan dengan memahami, mahasiswa mampu untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapatkan dalam perkuliahan kedalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, maka tingkat pemahaman mahasiswa harus diketahui agar mampu menjadi patokan penting untuk beberapa hal salah satunya yaitu pengembangan metode dalam pembelajaran yang digunakan agar mahasiswa mampu memahami bukan hanya sekedar menghafal apa yang telah ia pelajari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi sistem informasi geografis (SIG) dikaji dengan prespektif konstruksi sosial. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan prespektif konstruksi sosial. Hal ini bermaksud untuk mengkaji tingkat pemahaman dari mahasiswa terhadap materi sistem informasi geografis yang dideskripsikan dalam tiga tingkatan konstuksi sosial, yaitu: objektif, eksternalisasi, dan internalisasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan model interaktif dimana data kualitatif akan dilakukan secara terus menerus hingga jenuh. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa mampu menjawab dan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi sistem informasi geografi. Walaupun masih banyak kekurangan, serta terkesan mengulang dari apa yang telah didapatkan dalam perkuliahan sistem informasi geografis. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tingkat konstruksi sosial dari mahasiswa masih berada pada tingkat objektif dan eksternalisasi. Hal ini dikarenakan pada tingkat objektif mahasiswa membentuk apa yang ia dapatkan secara objektif dan belum ada pengembangan serta eksternalisasi adalah suatu tingkat dimana mahasiswa masih memahami apa itu sistem informasi geografis yang didapatkannya dari dosen maupun teman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:34
Last Modified: 25 Sep 2023 02:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4378

Actions (login required)

View Item View Item