Optimasi dan simulasi komposit serat rambut jagung dan serat kenaf pada bumper mobil / Mochammad Erdiana Putra Bakti - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi dan simulasi komposit serat rambut jagung dan serat kenaf pada bumper mobil / Mochammad Erdiana Putra Bakti

Bakti, Mochammad Erdiana Putra (2019) Optimasi dan simulasi komposit serat rambut jagung dan serat kenaf pada bumper mobil / Mochammad Erdiana Putra Bakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Bakti Mochammad Erdiana Putra. 2018. Optimasi Dan Simulasi Serat Rambut Jagung Dan Serat Kenaf Pada Bumper Mobil. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Andoko S.T. M.T. (II) Avita Ayu Permanasari S.T. M.T. Kata Kunci Material Komposit Serat Rambut Jagung Serat Kenaf Optimasi (RSM) Simulasi (FEM) Bumper. Kemajuan jaman dan berkembangnya teknologi di bidang komposit membuat kehidupan di bidang komposit semakin dinamis. Komposit dibedakan menjadi dua macam yaitu komposit alami (hybrid) dan komposit sintetik atau yang dibuat manusia. Pemanfaatan komposit dalam dunia otomotif semakin berkembang pesat pada penelitian ini analisis sifat mekanik diimplementasikan pada bumper mobil. Komposit yang digunakan yaitu serat rambut jagung dan serat kenaf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil optimasi dan simulasi sifat mekanik (total deformation equivalent stress von-Misses dan internal energy) komposit serat rambut jagung dan serat kenaf menggunakan Response Surface Methodology (RSM) dan Finite Element Method (FEM) pada bumper mobil. Variasi penelitian tersebut dioptimasi dengan metode Respons Surface Methodology (RSM). Serat yang digunakan adalah serat rambut jagung dan serat kenaf. Bumper mobil di simulasikan menggunakan Finite Element Method (FEM) untuk mendapatkan sifat mekanik. Metode penelitian yang digunakan adalah Respons Surface Methodology (RSM) yang diolah dengan software Minitab 18. Variasi Ketebalan Bumper mobil (X1) adalah 3 mm 4 mm dan 5 mm. Variasi Kecepatan Impactor (X2) adalah 20 km/jam 40 km/jam dan 60 km/jam. Hasil optimasi dari variasi tersebut di dapatkan 9 kali percobaan. Metode selanjutnya menggunakan Finite Element Method (FEM) berbasis software Ansys 14.5. Hasil sifat mekanik yang di dapatkan yaitu Total Deformation min. 46 719 mm Equivalent stress von-Misses min. 4 545e5 MPa Internal Energy min. 2 058e9 mJ. Nilai optimum tersebut didapatkan pada variasi ketebalan 5 414 mm dan kecepatan 20 km/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43737

Actions (login required)

View Item View Item