Optimasi dan simulasi implan sambungan tulang lutut titanium hidroksiapatit untuk aplikasi biomedik / Bahauddin Rinaldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi dan simulasi implan sambungan tulang lutut titanium hidroksiapatit untuk aplikasi biomedik / Bahauddin Rinaldi

Rinaldi, Bahauddin (2019) Optimasi dan simulasi implan sambungan tulang lutut titanium hidroksiapatit untuk aplikasi biomedik / Bahauddin Rinaldi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rinaldi B. 2018. Optimasi dan Simulasi Implan Sambungan Tulang Lutut Titanium Hidroksiapatit Untuk Aplikasi Biomedik. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Andoko S.T. M.T.(II) Avita Ayu Permanasari S.T. M.T. Kata kunci Implan Titanium Hidroksiapatit Equivalent Stress Shear Stress Total Deformation RSM Metode Elemen Hingga Implan merupakan suatu alat yang digunakan untuk menopang anggota tubuh maupun penyangga tulang yang patah. Scaffold plate bone screw dan beberapa alat lain dapat digunakan secara kombinasi menjadi penopang dan pengisi sambungan antara tulang yang patah sebelum jaringannya mengalami pertumbuhan. Sifat biokompatibel dari sebuah material menjadi pertimbangan yang penting pada proses perencanaan sebuah alat kesehatan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui ketahanan material titanium hidroksiapatit sebagai bahan implan untuk pengembangan dan terobosan dalam dunia medis. Metode penelitian ini menggunakan metode elemen hingga yaitu simulasi pada software Ansys 18.1 dan optimasi menggunakan software Minitab. Implan diberikan perlakuan sintering dengan 3 variasi temperatur (9000C 11000C 13000C) selanjutnya implan didesain dan diberikan pembebanan dengan 3 variasi (700N 750 N 800 N). Hasil simulasi dari implan titanium hidroksiapatit kemudian dibandingkan dengan implan pada penelitian sebelumnya yaitu titanium duralium dan ZnO-Al2O3. Berdasarkan hasil simulasi bahan titanium hidroksiapatit memiliki tegangan tekan sebesar 1 521 MPa dibandingkan dengan implan titanium yang memiliki tegangan tekan tertinggi dari bahan material implan pada penelitian sebelumnya sebesar 0 15 MPa. Perbandingan yang sama juga dilakukan pada tegangan geser sebesar 0 12982 MPa lebih tinggi dari implan titanium sebesar 0 0043581 MPa. Hasil deformasi dari titanium hidroksiapatit memiliki nilai 0 042 mm. Secara keseluruhan material implan titanium hidroksiapatit memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan dengan material implan titanium. Nilai optimasi terbaik untuk pengujian implan v titanium hidroksiapatit adalah pada pembebanan 750 N dan temperatur sintering 11000 C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43728

Actions (login required)

View Item View Item