Pengaruh nanopartikel MnFe2O4, untuk mengurangi kadar CO dan HC pada emisi gas buang kendaraan bermotor / Amir Hamzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh nanopartikel MnFe2O4, untuk mengurangi kadar CO dan HC pada emisi gas buang kendaraan bermotor / Amir Hamzah

Hamzah, Amir (2018) Pengaruh nanopartikel MnFe2O4, untuk mengurangi kadar CO dan HC pada emisi gas buang kendaraan bermotor / Amir Hamzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamzah Amir. 2017. Pengaruh Nanopartikel MnFe2O4untuk Mengurangi Kadar CO dan HC pada Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Rr. Poppy Puspitasari S.Pd. M.T. Ph.D. (2) Sukarni Dr. S.T. M.T Kata Kunci MnFe2O4 Katalis Bahan Bakar RON 88 RON 90 RON 92 RON 98 CO dan HC. Persentase kendaraan bermotor di Indonesia tahun 2015 mencapai 82% dari total seluruh kendaraan. Polusi udara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor sebesar 70 80% sedangkan pencemaran udara akibat industri dan lain-lain hanya 20 30% saja. Besarnya persentase pencemaran udara dari sumber transportasi di Indonesia adalah 70 50% CO 18 34% HC 8 89% NOx 0 88% SOx 1 33% partikel. Gas-gas tersebut sangat berbahaya bagi manusia. Untuk mengurangi efek gas beracun tersebut dibutuhkan perlakuan khusus salah satunya dengan penerapan katalis pada sistem pengeluaran gas buang. MnFe2O4 berpotensi mengikat unsur CO dan HC yang terkandung dalam gas sisa pembakaran motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan nanopartikel Manganese ferrite (MnFe2O4) pada catalityc converter terhadap emisi gas CO dan HC kendaraan bermotor. Sehingga dapat diketahui data persentase penurunan emisi gas buang dengan penerapan MnFe2O4 dan tanpaMnFe2O4yangsebabkan oleh rotasi mesin (RPM) yang bervariasi pada bahan bakar dengan nilai Reseach Oktane Number (RON) 88 90 92 dan 98. Pengambilan data ini dilakukan dengan alat gas analyzer untuk mengetahui kadar emisi gas buang CO dan HC. Objek penelitian ini menggunakan sepeda motor Honda Mega Pro 150 CC tahun perakitan 2013. Metode yang digunakan adalah dengan membandingkan jumlah emisi gas buang antara tanpa penerapan MnFe2O4 sebagai katalis dan dengan penerapan katalis pada kendaraan. Pada pengplikasiaannya setiap jenis bahan bakar dilakukan pengambilan data pada 1500 RPM hingga 6000 RPM dengan kelipatan 250 RPM. Hal ini dilakukan untuk memastikan keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya persentase penurunan kadar CO pada pengaplikasian MnFe2O4 sebagai katalis efektif pada bahan bakar premium di rotasi rendah dan tinggi dengan persentase teringgi 34 1 %. Untuk pertalite efektif di semua rotasi dengan persentase teringgi 31 1 %. Untuk pertamax efektif di rotasi rendah dengan persentase teringgi 3 9 %. Untuk persentase penurunan kadar HC efektif pada bahan bakar premium di rotasi tinggi dengan persentase teringgi 79 3 %. Untuk pertalite efektif di rotasi tinggi dengan persentase tertinggi 71 4 %. Untuk Pertamax efektif di rotasi tinggi dengan persentase teringgi 53 6 %. Untuk Pertamax turbo hanya efektif di rotasi rendah dengan persentase hanya 2 1 %. Dilihat dari tingginya persentase penurunan kadar CO dan HC pengaplikasian MnFe2O4 lebih efektifditerapkan pada bahan bakar dengan nilai Research Oktane Number yang rendah yaitu premium dan pertalite karena karakteristik nano partikel MnFe2O4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43717

Actions (login required)

View Item View Item