Al Farisi, By Habsi (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan prestasi belajar sistem pengapian sepeda motor di kelas X SMKN 9 Cemorokandang Malang / By Habsi Al Farisi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
By Habsi Al Farisi. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sistem Pengapian Sepeda Motor di Kelas X SMKN 9 Cemorokandang Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. Pryono S.T M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran Prestasi Belajar Sistem Pengapian Sepeda Motor 12288 12288 12288 12288 Dalam proses belajar-mengajar media pembelajaran mempunyai peranan yang cukup penting yaitu sebagai alat bantu dalam kegiatan pembelajaran bagi guru. Untuk itu guru dituntut harus mempunyai media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam belajar. Karena selama ini proses pembelajaran pada siswa kelas X SMKN 9 Cemorokandang dimana guru dalam menyampaikan materi masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa tidak dapat memahami semua materi yang diajarkan oleh guru dikarenakan kurangnya guru dalam memanfaatkan metode pembelajaran yang unik. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan prestasi belajar sistem pengapian sepeda motor siswa kelas X SMKN 9 Cemorokandang Malang. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini menggunakan model pengem-bangan menurut Sadiman perancangan media pembelajaran melalui (1) mengana-lisis kebutuhan (2) merumuskan tujuan pembelajaran (3) merumuskan butir-butir materi (4) menyusun instrumen evaluasi (5) menulis naskah media (6) produksi produk media pembelajaran (7) validasi ahli (8) uji coba produk (9) revisi 10) hasil produk. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa validasi materi diperoleh persentase 68.75% dan tanggapan yang diberikan ahli media pada instrumen angket cukup layak tetapi ada bagian yang perlu direvisi atas produknya. Dari ahli materi dengan persentase kevalidannya mencapai 83.33% dan tanggapan yang diberikan ahli media pada instrumen angket kemudian ditindak lanjuti pada bagian revisi produk.Artinya bahwa media pembelajaran berbasis multimedia tersebut valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar. Dari siswa/audiens perseorangan dengan hasil 91.98% Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan prestasi belajar sistem pengapian sepeda motor valid/layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43698 |
Actions (login required)
View Item |