Pengaruh penggunaan alat pemutus sistem perlambatan otomatis terhadap emisi gas buang (CO, CO2 dan HC) pada motor bensin Toyota 4K oleh Hernowo Subiantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan alat pemutus sistem perlambatan otomatis terhadap emisi gas buang (CO, CO2 dan HC) pada motor bensin Toyota 4K oleh Hernowo Subiantoro

Subiantoro, Hernowo (2010) Pengaruh penggunaan alat pemutus sistem perlambatan otomatis terhadap emisi gas buang (CO, CO2 dan HC) pada motor bensin Toyota 4K oleh Hernowo Subiantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kendaraanb ermotorp adaa badi ni telahm enjadis uatuf asilitasp entingd alam sebagianb esarb entuka ktivitask ehidupanm anusiaD. i negarak ita bahkand i dunia internasionatlr ansportastei lahm enjadis alahs atut ulangp unggungr oda perekonomiaDn.a ri sekianb anyakp rodukski endaraabne rmotors. elainm emberi kemudahanb agi umatm anusiaju ga mulai.dirasakadna mpakn egatifrryate rlebihlebihd enganti mbulnyak erusakanli ngkungany angd itandaid enganti mbulnya pencemaraund ara p emanasagnl obalb umi danp enyakits aluranp emapasapna da manusia.A kibat ketergantunganm anusiat erhadaps aftrnat ransportaski endaraan bermotort ernyatat elah menjadip enyumbangte rbesarp enyebabp olusi udarak ota. lnti dari timbulnya pencemaranu darad i kota-kotay ang berlalu lintas padata dalah produk emisi gas buang dan prosesp embakarany ang tidak sempurnad ari kendaraan bermotor.A da tiga emisi pokok yang dihasilkank endaraanb ermotor y aitu yang pertamak arbonm onoksida(C O) k eduaa dalahk arbond ioksida( CO2)d ank etiga adalahh idrokarbo(nH C). Untuk membatassi ertam engontroel misig dsb uangd ari kendaraabne rmotor makad ilakukans uatuc arap embatasannySa.a lahs atuc aray angd ikembangkan adalahd enganc arap enambahaanl at pemuluss istemp erlamhatano tomutisA. lat ini bekerjas ecarae lektronikyangin putnyab erasadl ari sensork atupg asd ans ensor putaranm otor sedangkano utputnyak c selenoidk arburator.S istemp erlambatanin i bekerjap ada saatk endaraamn engalampi erlambatadna nm engerem(p edalg as dilepas) atau tepatnya pada saat putaran tinggi menuju putaran rendah. Motor akan berhentib ekerjas esaakt arenas uplai bahanb akart erhenti.B erhentinyas uplai bahan bakar ke rrang intake manifold dapat kita setel pada putaran motor tertentu sesuai dengan keinginan kita. Berhentinya suplai bahan bakar ke ruang intake manifold dapat kita setel pada putaran motor tertentu sesuai dengan keinginan kita dengan catatanti dak padap utarans tasionemr otor ( 1250r pm). Padas aatt urun p engemudi mengrnjakp edalr em yangb erartim elepasp edalg as.S aati nilah sakelayr ang terpasanpga dap edalg asm enghubungJ.i ka putaranm esinm asihd iatas1 250r pm makar elai putaranb ekerjaB. ekerjanyare lai putaranm engakibatkarne lai pemutus jugab ekerjau ntukm emutuskana rusI G yangm enujuk e selenoids ehinggab ahan bakar bensin tidak mengalir ke ruang intake manifold Pada kondisi ini proses pengapiante rusb erlangsungd an kemudianu ntuk selangw aktu sepers ekiand etik motor meniadakanp rosesp embakaranl. ogikanyaj ika tidak terjadi proses pembakaranm akat idak adap roduksi gasC O COz d an HC. Jika putarans udaht urun kurang dari 1250 rpm maka relai putaran tidak bekerja lagi sehingga relai pemutus juga tidak bekerja untuk memutus arus dari IG ke selenoid. Dengan demikian bahan bakar akan mengalir kembali secara otomatis dan motor akan tetap hidup dan kembali bekerja. Penelitiani ni bermulad ari adanyap ermasalahayna itu apakaht erdapat perbedaank adare misi gasb uangC O CO2 d an HC padam otor Toyota 4K antara yang menggunakana lat pekutuss istemp erlambatano tomatisd engany angt idak. Sehinggat ujuan dari penelitiani ni adalahu ntuk mengetahupi erbedaank adare misi gasb uangC O CO2 d an HC padam otor Toyota 4K antaray ang menggunakana lat pekutuss istemp erlambataont omatisd engany angt idak.Tempapt enelitiand ilakukan di LaboratoriumO tomotipU niversitasN egeriM alang d enganb antuana latE mission l ester s ertae ngines tandT oyota4 K. Rancangapne nelitiany angd igunakana dalah jenis eksperimentaAl.n alisish asilp enelitiany angd ipakaia dalaht eknika nalisis statistiku ji-T denganta rafsignifikans0i .05.P elaksanaaann alisisd ilakukand engan menggunakabna ntuank omputerm elaluip rogram. l SlSP C - for wirulowsr eleuse 8 0.K egiatany angd ilakukana dalahm endatak adare misig asb uangC O C Oz d an HC pada motor Toyota 4K antara yung nggunakan alat pemutus sistem perlambataont omatisd engany angt idak (lndependenSt ampleT est). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbdaan yang sangat signifikan kadar emisi gas buang CO CO2 dan HC pada motor Toyota 4K antara yang menggunakana lat pemutuss istemp erlambatano tomatisd engany angt idak. Besarnyap erbedaakna dare misiC O dengann ilai t-tes 16y 30d anp 0 05 untuk perbedaakna dare misiC O2d engann ilai t-tes 19 425d anp 0 05 sedangkan perbedaakna dare misiH C dengann ilai t-test 3 494 danp 0 05. Dari analisisp enelitiani ni dapatd isimpulkanb ahwaa da perbedaanka dar emisi gasb uangC O COzd an HC antaray ang menggunakana lat pemutuss istern perlambataont omatisd engany angt idak padam otorT oyota4 K. Hasil penelitianin i juga merekomendasikaun tukp engembangapne nelitian selanjutnyay ang sejenisu ntuk pengaruhp enambahana lat pernutuss istem perlambatano tomatist erhadape fisiensib ahanb akard an waktu perlambatanS. elain itu juga penambahano bjek penelitianu ntuk menggunakanm otor denganm erk dan jumlah silinder yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43691

Actions (login required)

View Item View Item