Analisis dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada SMK berstandar nasional di Kabupaten Tulungagung / Arif Budi Yasmono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada SMK berstandar nasional di Kabupaten Tulungagung / Arif Budi Yasmono

Arif Budi Yasmono (2009) Analisis dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada SMK berstandar nasional di Kabupaten Tulungagung / Arif Budi Yasmono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yasmono Arif B. 2007. Analisis Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMK Berstandar Nasional di Kabupaten Tulungagung. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM). Dosen Pembimbing (I) Dr. Mardi Wiyono M.Pd. (II) Drs. H. Yoto S.T. M.Pd. M.M. Kata Kunci kurikulum silabus standar isi standar kompetensi Upaya peningkatan kualitas pendidikan masih terus dilakukan. Salah satunya adalah pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada tahun pelajaran 2006/2007. Dalam KTSP setiap satuan pendidikan diberi keleluasaan untuk menyusun dan mengembangkan kurikulumnya sendiri mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan penyusunan yang dikembangkan BSNP. Permasalahnya sekarang setiap penyelenggara pendidikan di tingkat satuan khususnya guru tentu mempunyai pemahaman dan sikap yang berbeda terhadap KTSP. Mengingat guru tidak pernah belajar bagaimana membuat kurikulum sendiri tentunya akan menghasilkan kurikulum operasional yang bervariatif. Tujuan penelitian disini adalah 1) mendeskripsikan hasil penyusunan dokumen KTSP yang dirumuskan oleh SMK berstandar nasional di Kabupaten Tulungagung yang meliputi (a) tujuan pendidikan sekolah (b) standar kompetensi (c) struktur dan muatan kurikulum 2) mendeskripsikan hasil penyusunan silabus di SMK berstandar nasional di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus karena jumlah objek penelitian yang termasuk dalam SMK berstandar nasional pada kelompok teknologi hanya 3 sekolah yaitu (1) SMK Negeri 3 Boyolangu (2) SMK Sore dan (3) SMK Veteran. Dari ketiga sekolah tersebut akan dinilai produk KTSP-nya yang meliputi dokumen KTSP dan silabus. Masing-masing komponen akan diklasifikasikan menjadi 5 kriteria yaitu tidak ada/kurang sekali (0) kurang (1) cukup (2) baik (3) dan baik sekali (4). Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) dokumen KTSP yang dirumuskan oleh SMK berstandar nasional sudah mengacu pada SI dan SKL dan memenuhi pedoman penyusunan yang dikembangkan BSNP yaitu kategori baik untuk SMK Veteran dan SMK Sore sedangkan SMKN 3 termasuk kategori baik sekali. (a) tujuan pendidikan sekolah yang dirumuskan ketiga sekolah sudah memenuhi standar penyusunan yang dikembangkan BSNP yaitu termasuk kategori baik sekali (b) standar kompetensi yang dikembangkan oleh ketiga sekolah sudah mengacu pada SKL yaitu dengan kategori baik (c) struktur dan muatan kurikulum yang dikembangkan sekolah sudah cukup mengacu pada SI pada SMK Veteran dan SMK Sore sedangkan SMKN 3 termasuk kategori baik sekali 2) silabus yang dirumuskan oleh SMK berstandar nasional sudah mengacu pada SI dan SKL serta berpedoman pada standar penyusunan yang dikembangkan BSNP yaitu termasuk kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43684

Actions (login required)

View Item View Item