Pamungkas, Ivan Adi (2018) Pengaruh penggunaan groundstrap dan variasi jenis busi terhadap daya sepeda motor Honda Beat F1 tahun 2016 / Ivan Adi Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pamungkas Ivan Adi.2018.Pengaruh Penggunaan Groundstrap dan Variasi Jenis Busi Terhadap Daya Sepeda Motor Honda Beat FI 2016. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Paryono S.T. M.T. (II) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci Groundstrap Busi Ignition Booster Kabel Busi dan Daya Modifikasi dilakukan untuk meningkatkan performa kendaraan. Modifikasi dilakukan dengan cara penggantian part atau dengan penambahan part. Pengguna lebih memilih melakukan penambahan part karena biaya untuk penggantian part relatif mahal. Salah satu inovasi tersebut adalah penggunaan ignition booster. Ignition booster adalah alat yang dipasangkan untuk meningkatkan kualitas pengapian. Groundstrap merupakan salah satu jenis ignition booster prinsip kerjanya memanfaatkan elektromagnet untuk mendorong fluks magnet sehingga arus yang dihasilkan lebih stabil. Penelitian eksperimen ini dilakukan pada kendaraan Honda Beat FI 110cc dengan perlakuan berbeda. Pertama melakukan pencatatan data pengukuran daya dengan jenis busi standar platinum dan iridium sebagai standar pengukuran tanpa menggunakan groundstrap dan pengukuran kedua menggunakan groundstrap. Pengambilan data menggunakan alat dynotest. Data yang diambil mulai dari RPM 4000-9000 dengan kenaikan 500 RPM. Teknis analisis data menggunakan statistik parametrik dengan metode One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan groundstrap dan jenis busi standar platinum dan iridium pada sepeda motor Honda beat FI 110 cc. Penggunaan groundstrap meningkatkan daya maksimal busi standar sebesar 10 46 HP busi platinum 10 66 HP dan iridium 10 58 HP akan tetapi hasil tersebut tidak signifikan kemungkinan hal tersebut disebabkan karena tegangan yang mampu di terima busi sudah maksimal. Dengan demikian dapat disarankan perlu adanya pengembangan dan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh penggunaan pengaruh penggunaan groundstrap terhadap tegangan listrik dan medan magnet yang dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |