Prihatmoko, Yulias (2013) Pengembangan bahan ajar cetak dan thesaurus on-line untuk pembelajaran matakuliah teknologi jaringan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang tahun akademik 2012/2013 / Yulias Prihatmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prihatmoko Yulias. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Cetak Dan Thesaurus On- Line Untuk Pembelajaran Matakuliah Teknologi Jaringan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Tahun Akademik 2012/2013. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto ST MT Kata Kunci Buku teks Bahan ajar cetak Teknologi Jaringan Thesaurus on-line Teknologi Jaringan Model Pengembangan Borg Gall Bahan sumber bacaan yang digunakan dalam perkuliahan mata kuliah teknologi jaringan di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang masih menggunakan buku teks yang digunakan oleh jurusan teknologi informasi murni yang masih berisi tentang teknologi jaringan secara luas. Kebutuhan perkuliahan teknologi jaringan teknologi pendidikan tidak sedetail jurusan TI merupakan sebatas sebagai pelengkap. Maka dari itu dikembangkan bahan ajar cetak yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan. Bahan ajar cetak juga dapat dipelajari kembali pada waktu sebelum atau sesudah pertemuan kelas. Untuk mendukung bahan ajar cetak juga dikembangkan thesaurus on-line sebagai kamus on-line sebagai media pendukung mahasiswa dalam mengartikan kata-kata sulit yang terdapat pada bahan ajar cetak. Tujuan pengembangan adalah menghasilkan bahan ajar cetak thesaurus on-line petunjuk penggunaan media dan menerapkan hasil pengembangan pada pembelajaran mata kuliah Teknologi Jaringan di Jurusan TEP FIP UM. Model pengembangan bahan ajar cetak dan thesaurus on-line ini mengadaptasi dari model pengembangan Borg Gall dengan alur sebagai berikut (1) Research and Information collecting (studi pendahuluan kaji pustaka dan survei awal) (2) Planning (Perencanaan penelitian) (3) Dovelopment Primary Form of Product (Pengembangan utama produk) (4) Uji lapangan terbatas (preliminary fieldtest) (5) Revisi hasil uji lapangan terbatas (6) Uji lapangan lebih luas (main field test) (7) Revisi hasil dan final product. Hasil pengembangan bahan ajar cetak dan thesaurus on-line ini berdasarkan analisis data dari 2 ahli media 1 ahli materi dan efektifitas hasil belajar dalam uji lapangan terbatas memenuhi kriteria valid dengan hasil perhitungan ahli media 79 48% untuk bahan ajar cetak dan thesaurus on-line 94 64%. Ahli materi untuk bahan ajar cetak 84 72% dan Thesaurus on-line 78 33%. Penilaian mahasiswa terhadap bahan ajar cetak untuk uji kelompok terbatas mendapatkan skor 80 46%. Dan uji lapangan lebih luas sebatas efektifitas hasil belajar mendapat skor 82 61% dan dapat dinyatakan valid. Penilaian thesaurus on-line pada uji lapangan terbatas mendapat skor 78 43% dan pada uji lapangan lebih luas mendapat skor 80 76% dan dinyataan valid. Hasil belajar yang positif ditunjukan dengan adanya peningkatan tes hasil belajar pada setiap uji lapangan yang menggunakan media bahan ajar cetak dan thesaurus on-line peningkatan test hasil belajar senilai 24 36 pada uji lapangan terbatas dan 26.36 pada uji lapangan lebih luas hal ini menunjukan dampak yang positif dalam pembelajaran matakuliah teknologi jaringan dalam penggunaan media tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/436 |
Actions (login required)
View Item |