Nadhori, Ghufron (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash pada Materi Sistem Kelistrikan Power Window SMK Negeri 1 Sambeng Lamongan / Ghufron Nadhori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nadhori Ghufron. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash pada Materi Sistem Kelistrikan Power Window SMK Negeri 1 Sambeng Lamongan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muda Nauri. S.T M.T (II) Drs. H. Paryono S.T M.T Kata Kunci pengembangan media pembelajaran adobe flash sistem kelistrikan power window Perkembangan teknologi dan informasi saat ini semakin berkembang dan membawa dampak besar pada kemajuan dunia pendidikan. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari perkembangan teknologi tersebut antara lain banyaknya media pembelajaran interaktif yang dikembangkan berbasis komputer. Salah satu contoh penerapannya adalah media pembelajaran menggunakan aplikasi adobe flash yang sedang dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mengembangkan dan menyediakan bahan ajar serta menguji kelayakan bahan ajar dalam kompetensi dasar Memahami Alarm Sentral Lock dan Power Window untuk siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sambeng. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda yang terdiri dari lima tahapan Analisys Design Development Implementation Evaluation. Instrumen pengumpula data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket/kuisioner yang disebarkan kepada ahli media ahli materi 8 orang siswa untuk uji kelompok kecil dan 28 orang siswa untuk uji lapangan. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkan kevalidannya. Berdasarkan analisis data dari hasil pengembangan tersebut diperoleh tiga kesimpulan hasil pengembangan sebagai berikut. Pertama dari penilaian beberapa aspek oleh ahli media menunjukkan persentase 91 67% yaitu sangat valid. Kedua dari penilaian beberapa aspek oleh ahli materi menunjukkan persentase 97 5%% yaitu sangat valid. Tanggapan yang diberikan oleh ahli media dan ahli materi pada instrumen angket kemudian ditindaklanjuti pada bagian revisi produk sebelum diuji kelayakannya pada siswa. Ketiga penilaian dari siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sambeng Lamongan yang memperoleh persentase 93 13% yaitu sangat valid. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam kompetensi dasar Memahami Alarm Sentral Lock dan Power Window.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |