Pengaruh penggunaan busi iridium dan busi platinum terhadap akselerasi motor Honda CB150R tahun 2014 / Amirul Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan busi iridium dan busi platinum terhadap akselerasi motor Honda CB150R tahun 2014 / Amirul Anwar

Anwar, Amirul (2018) Pengaruh penggunaan busi iridium dan busi platinum terhadap akselerasi motor Honda CB150R tahun 2014 / Amirul Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anwar Amirul. 2014. Pengaruh Penggunaan Busi Iridium Dan Busi Platinum Terhadap Akselerasi Motor Honda Injeksi Cb150r Tahun 2014. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Eko Edi Purwanto S.E M.Pd M.M. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci Busi Iridium Busi Platinum Akselerasi Injeksi. Pada saat ini teknologi semakin berkembang dan menjadi kebutuhan semua orang terutama di bidang transportasi. Namun dikalangan anak muda kendaraan ini sebagaian besar digunakan untuk ajang balapan. Berdasarkan analisis praktek ditemukan bahwa standar yang ada pada kendaraan tersebut di fungsikan sebagai media balapan kurang maksimal. Hal ini yang melatar belakangi penelitian tentang meningkatkan kecepatan dari kendaraan. Teknologi dalam penelitian ini berfokus pada sistem penyemprotan bahan bakar injeksi. Sistem injeksi berbeda dengan sistem karburator karena proses pencampuaran bahan bakar dilakukan ruang pembakaran dengan cara menyemprot. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui selisih kecepatan kendaraan dengan menggunakan busi iridium busi standart dan busi platinum.Untuk mengimbangi teknologi injeksi perlu ditunjang komponen sistem pembakaran dengan spesifikasi yang lebih tinggi pada mesin honda CB150R. Peneliti ini menggunakan prosedur pemeriksaan kendaraan dalam kondisi normal. Dengan media kendaan Honda CB150R menggunan alat Dyno test. Dyno test ini digunakan untuk mengukur kecepatan kendaraan. Sedangkan untuk teknik yang digunakan adalah analisi statistik menggunakan metode One Way Anova dengan bantuan SPSS For Windows. Dari hasil penelitian prakter tersebut menghasilkan selisih waktu yang diperoleh dari masing masing busi dengan di lakukan pengulangan sebanyak lima kali. Hasil dari penelitian (1) Busi tipe standart pada putaran bawah pada detik 0.3 menghasilkan 13.74 km/jam putaran atas pada detik 3.3 menghasilkan 107.15 km/jam. (2) Busi tipe Iridium pada putaran bawah menghasilkan di detik 0.3 menghasilkan 14.07 km/jam putaran atas pada detik 3.3 menghasilkan 128.33 km/jam. (3) Busi tipe Platinum pada putaran bawah menghasilkan di detik 0.3 menghasilkan 15.07 km/jam sedangkan untuk putaran atas pada detik 3.3 menghasilkan 131.61 km/jam. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa busi iridium adalah busi yang waktu tempuhnya paling singkat diikuti dengan busi platinum dan paling bawah busi standart yang pencapaiannya waktu tempuh paling lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43584

Actions (login required)

View Item View Item