Rahman, Muhammad Sifaur (2018) Pengembangan jobsheet untuk pembelajaran praktik sistem kelistrikan, pengaman dan kelengkapan tambahan siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMKN 1 Balikpapan / Muhammad Sifaur Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Rahman Muhammad Sifaur. 2018. Pengembangan Jobsheet untuk Pembelajaran Praktik Sistem Kelistrikan Pengaman dan Kelengkapan Tambahan Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMKN 1 Balikpapan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M. Pd. (II) Dr. H. Agus Sholah M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Jobsheet Sistem kelistrikan Kegiatan pembelajaran yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selalu memiliki kegiatan praktik di bengkel. Pada kegiatan praktik siswa harus mempunyai acuan/pedoman agar praktik berjalan dengan lancar. Salah satu acuan/pedoman dalam pelaksanaan praktik adalah lembar kerja (jobsheet). Dengan dikembangkannya jobsheet akan meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan jobsheet pada kompetensi memperbaiki sistem kelistrikan pengaman dan kelengkapan tambahan serta mengetahui kelayakan jobsheet untuk digunakan pada proses pembelajaran untuk kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 1 Balikpapan. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Borg dan Gall. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian yang diisi oleh validator. Data yang diperoleh dalam pengembangan jobsheet ini terdiri dari data kuantitatif untuk menilai kevalidan jobsheet dan data kualitatif berupa saran dari validator. Data tersebut dianalisis menggunakan SPSS versi 23.0. Hasil penilaian yang mencakup aspek kelayakan isi kebahasaan dan kegrafisan dari ahli media adalah sangat valid (90 6%). Menurut hasil penilaian dari ahli materi yang meliputi aspek ketepatan cakupan isi strategi pembelajaran dan desain teknis adalah sangat valid (91 6%). Respon siswa yang diteliti mendapatkan kategori sangat baik (85 6%).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |