Pengaruh diameter velocity stack terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Beat PGM-Fi / Saiful Bachri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh diameter velocity stack terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Beat PGM-Fi / Saiful Bachri

Bachri, Saiful (2018) Pengaruh diameter velocity stack terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Beat PGM-Fi / Saiful Bachri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bachri Saiful. 2018. Pengaruh Variasi Diameter Velocity Stack Terhadap Emisi Gas Buang Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda BEAT PGM-FI. Skripsi Progam Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumarli M.P.d M.T (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto SE M.Pd MM Kata Kunci Velocity Stack Emisi Gas Buang Efisiensi Bahan Bakar. Perkembangan ilmu dan tegnolologi dalam dunia otomotif diindonesia saat ini semakin pesat pada periode belakangan ini. Penyempurnaan teknologi terus dilakukan untuk menyempurnakan tegnologi terdahulu.berbagai inovasi dilakukan untuk mengoptimalkan sistem udara masuk agar efisiensi volumetric bisa meningkat salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan menambahkan piranti velocity stack pada sistem udara masuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi diameter velocity stack terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang karbon monoksida dan hidrokarbon pada motor bensin. Sehingga dapat diketahui pengaruh penggunaan velocity stack terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang CO dan HC sisa hasil pembakaran. Pengambilan data ini dilakukan dengan alat gas analyzer stopwatch tachometer dan gelas ukur untuk mengetahui kadar emisi gas buang karbon monoksida dan hidrokarbon serta konsumsi bahan bakar. Objek penelitian ini menggunakan sepeda motor Honda BEAT PGM-FI tahun perakitan 2014. Metode yang digunakan adalah dengan membandingkan kadar emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar antara tanpa penerapan variasi diameter velocity stack dengan penerapan variasi diameter velocity stack. Pada pengaplikasiannya setiap variasi diameter velocity stack dan tanpa penerapan velocity stack dilakukan pengambilan data pada 1500 RPM hingga 8000 RPM dengan kelipatan 500 RPM. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan 1) terdapat pengaruh pada penggunaan variasi diameter velocity stack dibanding tanpa menggunakan variasi diameter velocity stack terhadap emisi gas buang CO. 2) terdapat pengaruh pada penggunaan variasi diameter velocity stack dibanding tanpa menggunakan variasi diameter velocity stack terhadap emisi gas buang HC. 3) terdapat pengaruh pada penggunaan variasi diameter velocity stack dibanding tanpa menggunakan variasi diameter velocity stack terhadap efisiensi bahan bakar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi pengguna sepeda motor untuk mempertimbangkan desain variasi ukuran dari velocity stack dan karakteristik mesin sebelum mengaplikasikannya pada sepeda motor dikarenakan setiap bentuk desain ukuran yang berbeda memiliki pengaruh pada konsumsi bahan bakar dan emsi gas buang yang dihasilkan. Dan perlu juga mempertimbangkan model pemakaian sepeda motor sebelum menggunakan variasi velocity stack.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43574

Actions (login required)

View Item View Item