Mubarok, Hilmi Amri (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif materi Zaman Pra Aksara di Indonesia untuk siswa kelas VII SMP Dzunnurain Beji Pasuruan / Hilmi Amri Mubarok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mubarok Hilmi Amri. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Zaman Pra Aksara di Indonesia Untuk Siswa Kelas VII SMP Dzunnurain Beji Pasuruan. Skripsi JurusanTeknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd (2) Eka Pramono Adi S.IP M.Si Kata kunci pengembangan multimedia interaktif zaman pra aksara. Program pembelajaran interaktif dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar mandiri sesuai dengan percepatan belajar masing-masing. Multimedia interaktif sebagai bahan ajar bertujuan untuk memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak verbalistis mengatasi keterbatasan waktu ruang dan daya indera meningkatkan motivasi dan gairah belajar siswa dengan memanfaatkan unsur multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan suatu produk berupa multimedia pembelajaran interaktif yang valid (2) menghasilkan petunjuk pemanfaatan multimedia interaktif (3) mendeskripsikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Pustekkom yang melalui proses sebagai berikut (1) tahap pra produksi (2) tahap produksi (3) tahap evaluasi dan (4) tahap reproduksi. Pada tahap pra produksi meliputi analisis kebutuhan penyusunan garis besar isi media dan jabaran materi penyusunan storyboard. Tahap produksi dikelompokkan ke dalam 3 subtahapan yang meliputi (1) Persiapan (2) Pelaksanaan (3) Penyelesaian (finishing). Pada tahap evaluasi memiliki kegiatan evaluasi yaitu evaluasi pra master dan uji lapangan. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dari perhitungan rata-rata dan persentase yang diperoleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkan kevalidannya. Hasil uji coba validasi multimedia interaktif yang dilakukan terhadap ahli media ahli materi dan siswa diperoleh hasil sebagai berikut 1) ahli media diperoleh hasil 94% 2) ahli materi diperoleh hasil 81% 3) siswa perorangan diperoleh hasil 81 2% serta siswa kelompok kecil diperoleh hasil 85%. Uji lapangan diperoleh hasil 88 6% sedangkan hasil pre test dan post test menunjukkan peningkatan dengan selisih 27 1. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru mata pelajaran Sejarah di SMP Dzunnurain diharapkan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa untuk lembaga SMP Dzunnurain agar mengembangankan multimedia pembelajaran interaktif untuk proses belajar mengajar di dalam kelas bagi peneliti berikutnya disarankan untuk memperhatikan beberapa aspek yaitu pada kegiatan pra produksi harus memperhatikan kedetailan tujuan pembelajaran kedetailan dan kejelasan flowchart pada tahap produksi harus memperhatikan pengumpulan dan pemilihan bahan yang akan digunakan tahap validasi yang harus diperhatikan adalah instrument yang akan digunakan harus rinci dan tepat sehingga penelitian mendapatkan hasil yang ideal untuk mendapatkan hasil penelitian yang ideal maka peneliti diharapkan mencari populasi siswa yang lebih banyak sekitar 25-40 siswa dan dalam uji kelompok kecil mengambil audiens dari sekolah lain atau yang memiliki karakteristik yang hampir sama (representatif).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/435 |
Actions (login required)
View Item |