Pengembangan trainer dasar-dasar elektronika sebagai media pembelajaran mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Mohammad Hanif Agus Satria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer dasar-dasar elektronika sebagai media pembelajaran mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Mohammad Hanif Agus Satria

Satria, Mohammad Hanif Agus (2017) Pengembangan trainer dasar-dasar elektronika sebagai media pembelajaran mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Mohammad Hanif Agus Satria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Satria Mohammad Hanif Agus. 2017. Pengembangan Trainer Dasar-dasar Elektronika sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (2) Dr. H. Agus Sholah. M.Pd. Kata Kunci pengembangan trainer dasar-dasar elektronika smk Penggunaan media pembelajaran dalam suatu proses belajar mengajar mampu meningkatkan minat ketertarikan motivasi dan keinginan untuk lebih mendalami materi yang diajarkan kepada siswa. Tentunya dengan menggunakan media pembelajaran maka akan membuat suasana kelas menjadi hidup membantu meningkatkan keefektivan proses pembelajaran penyampaian pesan dan isi pada pelajaran tersebut sehingga tujuan pembelaja ran bisa tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menghasilkan media pembelajaran trainer dasar-dasar elektronika mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu 2) untuk membandingakan kemampuan siswa dalam kelas yang menggunakan media pembelajaran trainer dasar-dasar elektronika mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran trainer dasar-dasar elektronika mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif siswa kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu. Model pengembangan trainer ini menggunakan model pengembangan ADDIE karena terdapat evaluasi pada setiap tahapannya sehingga didapatkan produk yang efektif dan efisien. Model pengembangan trainer ini memiliki 5 tahap yaitu 1) analisis kebutuhan media 2) perancangan media pembelajaran 3) pengembangan trainer 4) penerapan 5) evaluasi. Dalam model ini dari setiap prosesnya selalu ada proses evaluasi yang bertujuan untuk kesempurnaan trainer yang dibuat. Media pembelajaran yang dihasilkan berupa 1) trainer dasar-dasar elektronika yang berukuran minimalis dan dilengkapi rangkaian seri rangkaian paralel lampu bulb switch toggle push button variable resistor buzzer motor DC dan power suplly variable 12 VDC yang bisa mensimulasikan dan melatih ketrampilan siswa dalam mempelajari materi kelistrikan dasar otomotif dan 2) dihasilkannya modul dan jobsheet praktikum bagi dosen dan siswa yang dilengkapi dengan petunjuk penggunaan trainer sebagai pelengkap dalam menggunakan media pembelajaran trainer dasar-dasar elektronika. Dari pengambilan data didapatkan hasil validasi dari ahli materi 97 06% hasil validasi ahli media 92.3% hasil uji coba kelompok kecil 93 1% hasil uji coba kelompok besar 91 24% dan hasil uji compare means kelas perlakuan memperoleh nilai 81.31 dan kelas kontrol 77.31. Sehingga dapat disimpulkan baha produk trainer dasar-dasar elektronika dikatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi Teknik Listrik Dasar Otomotif oleh siswa kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43487

Actions (login required)

View Item View Item