Pengaruh penggunaan knalpot racing terhadap daya dan CO2, CO, HC pada mesin sepeda motor yamaha new vixion lightning / Henry Walker - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan knalpot racing terhadap daya dan CO2, CO, HC pada mesin sepeda motor yamaha new vixion lightning / Henry Walker

Walker, Henry (2017) Pengaruh penggunaan knalpot racing terhadap daya dan CO2, CO, HC pada mesin sepeda motor yamaha new vixion lightning / Henry Walker. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Walker Henry. 2016. PenggaruhPenggunaanKnalpot Racing TerhadapDayadan CO2 CO HC PadaMesinSepeda Motor Yamaha new vixion lightning .Skripsi JurusanTeknikMesin FakultasTeknikUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mardji M.Kes. (2) Drs. IrMustaman M.Pd. Kata Kunci penggunaanknalpot racing daya emisi gas buang. Perkembanganilmupengetahuandanteknologidariwaktukewaktumengalamikemajuan yang pesat semakin modern sertacanggih.Kebutuhanmanusia yang semakinmeningkatdanbenekaragam jugamemicuberkembangnyateknologi terutamateknologi di bidangotomotif tuntutanmanusiapadabidangtersebutsemakinberkembang pula. Manusiamenghendakikemudahandalamsegalabidangtanpamengeluarkanbiaya yang banyak.Manusiajugamenginginkansegalasesuatumenjadilebihmudahdancepat salahsatunyaadalah dibidangtransportasi.Teknologi Fi adalahteknologi yang ramahlingkungan karenamampumenekandanmengurangiemisi gas buang yang dihasilkanolehkendaraanbermotor. Hal inimenyesuaikandenganstandarpemerintah Indonesia yang mulaimenerapkanpadakendaraanbermotorroda 2 sesuaiStandar Euro 3. Fi sendirisingkatandariFuel Injection yang bekerjasecaraelektroniksebagaisistemsuplaibahanbakar yang artinyasistemterprogramuntukmemasok BBM danoksigensesuaikebutuhanmesindenganperhitungan yang tepatdanakuratsehinggamampumenghasilkantenaga yang responsifdaniritbahanbakarjugaramahlingkunganPabriksudahmerancangdanmenelititentangdayapadasepeda motor maticdenganharapanmesinmampumenghasilkantenaga yang besardenganbahanbakar yang efisien namunpadakenyataanyasepeda motor banyak yang digantiknalpotbawaanstandarpabrikdenganmemakaiknalpotracingdenganharapan agar dayadapatmaksimal sesuaidenganilmupengetahuanpenulisinginmencarikarakterdengancaramenggunakanknalpot racing pada Yamaha new vixion lightning.Alatinidipasangpadasaluran gas buang.Sehinggamemilikikarakteristiksesuaidengankondisimesinsehinggamendapatkantenaga yang optimal danemisi gas buang yang di hasilkandaripembakaranrendah. Penelitian ini bertujuanantara lain untuk mengetahuipengaruhdayapenggunaanknalpot racing denganvariasiputaranterhadapdayasepeda motor yamaha new vixion lightning untuk mengetahuipenggaruhkadaremisi gas buangpenggunaanknalpot racing denganvariasiputaranterhadapCOsepeda motor yamaha new vixion lightning untuk mengetahuipenggunaanknalpot racing denganvariasiputaranterhadapCO2sepeda motor yamaha new vixion lightning untuk mengetahuipenggunaanknalpot racing denganvariasiputaranterhadapHC sepeda motor yamaha new vixion lightning Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimentaldanmenggunakan analisis anova satu arah atau one way anova.Pengujiandayadilakukandenganmenggunakandynotest sedangkanuntukpengujianemisi gas buang dilakukandenganmenggunakangas analyzer.Pengujian dilakukan pada rpm 1750 2000 2250 2500 2750 3000 3250 3500 3750 dan rpm 4050. Untuk pengambilan data daya dan emisi gas buangCO CO2 dan HCdilakukan dengan beban tak tentu dan pada gigi 5 (gigi rasio 5) untuk menjaga keabsahan data dilakukan tiga kali pengujian tiap pengantianknalpot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari PenggaruhPenggunaanKnalpot Racing TerhadapDayadan CO2 CO HC PadaMesinSepeda Motor Yamaha new vixion lightning. Hasildayatertinggimenggunakanknalpotstandart9.46 hppadaputaran yang samayaitu 3500 rpm daya yang dihasilkanlebihtinggidariknalpot racing8.54 hppadaputaran 3500 rpm. Hasilemisi gas buang COtertinggimenggunakanknalpotstandartsebesar 4.44 %volpadaputaran 4000 rpm. emisi gas buang CO yang dihasilkanlebihtinggidariknalpot racing adalahsebesar 3.44 %volpadaputaran 1750 rpm. Hasilemisi gas buang CO2 tertinggimenggunakanknalpotstandartknalpotstandartadalahsebesar 6.86 %volpadaputaran 4000 rpm emisi gas buang CO2 yang dihasilkanlebihtinggidariknalpot racing adalahsebesar 2.83 %volpadaputaran 3000 rpm. Kesimpulanpada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil terbaik knalpotstandartsebesar 9.46 hppadaputaran yang samayaitu 3500 rpm akantetapihasilemisi gas buang yang dihasilkanterendah yang dihasilkanolehsepeda motor denganknalpot racing adalahsebesar 0.05 %volpadaputaran 4000 rpm Emisi gas buang CO2terendah yang dihasilkanolehsepeda motor denganknalpot racing adalahsebesar 2.83 %volpadaputaran 3000 rpmdanEmisi gas buang HC terendah yang dihasilkanolehsepeda motor denganknalpot racing adalahsebesar 118.33 ppm padaputaran 3750 rpm dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya penelitian mengenai pengaruh knalpotterhadapkonsumsi bahanbakardenganECU yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43444

Actions (login required)

View Item View Item