Farid, Akhmad Afif (2017) Pengaruh variasi lobe separation angle camshaft terhadap daya pada sepeda motor Honda Vario 108 cc / Akhmad Afif Farid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Farid Akhmad Afif. 2016. Pengaruh Variasi Lobe Separation Angle Camshaft Terhadap Daya Pada Sepeda Motor Honda Vario 108cc. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. (2) Drs. H. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci Camshaft Lobe Separation Angle Camshaft Daya Mesin. Pada saat ini perkembangan teknologi khususnya dibidang otomotif setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan hal ini ditandai dengan semakin meningkatnyapenjualan kendaraan bermotor dan aksesori pendukungnya. Seiring dengan kemajuan teknologi dibidang otomotif ini pihak industri mulai mengeluarkan produk-produk baru yang menarik minat para konsumen untuk melakukan modifikasi. Modifikasi yang dilakukan tersebut meliputi modifikasi penampilan kendaraan bermotor dan modifikasi performa mesin. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui daya sepeda motor honda vario 108cc yang menggunakan lobe separation angle camshaft dengan variasi ukuran 102o 104o dan 106o (2) untuk mengetahui pengaruh variasi lobe separation angle camshaft terhadap daya pada sepeda motor honda vario 108cc. Penelitian ini merupakan peneltian eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Post Test Only Control Design. Penelitian ini menggunakan variasi Lobe Separation Angle Camshaft yang terdiri dari camshaft dengan LSA standart (104o) dengan lift 4 5 mm camshaft dengan LSA diperbesar (106o) dengan lift 4 5 mm dan camshaft dengan LSA diperkecil (102o) dengan lift 4 7 mm.Pengujian dilakukan pada putaran 2500 rpm sampai 8000 rpm dengan rentan 500 rpm untuk melihat daya mesin Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan bahwa penggunaan camshaft dengan LSA diperkecil (102o) menghasilkan daya maksimum yang lebih besar sedangkan penggunaan camshaft dengan LSA diperbesar (106o) menghasilkan daya maksimum yang semakin menurun. Camshaft dengan LSA standart (104o)menghasilkan daya maksimum sebesar 6 589 HP pada 7500 rpm dan daya minimum sebesar 3 701 HP pada 2500 rpm. Camshaft dengan LSA diperbesar (106o) menghasilkan daya maksimum sebesar 5 270 HP pada 7000 rpm dan daya minimum sebesar 2 710 HP pada 2500 rpm. Camshaft dengan LSA diperkecil (102o) menghasilkan daya maksimum sebesar 6 726 pada 7500 rpm dan daya minimum sebesar 3 330 pada 2500 rpm. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa atau pihak lain yang akan melakukan penelitian lebih dalam mengenai penggunaan variasi camshaft pada sepeda motor. Untuk peneliti selanjutnyavariabel dalam penelitian ini hanya meneliti pengaruh terhadap daya selanjutnya dapat diteliti terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan dari penggunaan variasi camshaft. Sebagai pertimbangan agar menggunakan camshaft dengan LSA dipersempit untuk meningkatkan daya pada sepeda motor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |