Pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dan bakat mekanik terhadap kecakapan praktik memelihara sistem kelistrikan siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan / Ahmad Zakky Husada - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dan bakat mekanik terhadap kecakapan praktik memelihara sistem kelistrikan siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan / Ahmad Zakky Husada

Husada, Ahmad Zakky (2015) Pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dan bakat mekanik terhadap kecakapan praktik memelihara sistem kelistrikan siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan / Ahmad Zakky Husada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Husada A.Z.2015.Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dan Bakat Mekanik terhadap Kecakapan Praktik Memelihara Sistem Kelistrikan Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Dwi Agus Sudjimat S.T. M.Pd (II) Drs. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci metode pembelajaran berbasis masalah bakat mekanik sistem kelistrikan teknik kendaraan ringan. Sejalan dengan pemberlakuan kurikulum 2013 suatu pembelajaran menuntut adanya peningkatan dan penyeimbangan antara soft skill dan hard skill sehingga dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang tepat pada suatu mata pelajaran. Dalam hal ini metode pembelajaran berbasis masalah dianggap tepat sebagai solusinya. Selain itu dalam menentukan hasil suatu pembelajaran terdapat dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan eksternal. Bakat mekanik merupakansalah satu dari kedua faktor yang dapat mempengaruhi hasil pembelajaran mata pelajaran memelihara sistem kelistrikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimental. Rancangan penelitian menggunakanrancangan faktorial 2x2. Faktor pemilahnya adalah variabel moderator bakat mekanik siswa. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa TKR kelas XISMK. Sampel penelitian baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol diambil darikelasyang sudah ada dengan teknik assignment random sampling. Data diambil dengan teknik observasi dan tes selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji ANOVA dua jalur. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan kecakapan memelihara sistem kelistrikan antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif (2) ada perbedaan kecakapan memelihara sistem kelistrikan antara kelompok siswa yang memiliki bakat mekanik tinggi dan kelompok siswa yang memiliki bakat mekanik rendah (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan bakat mekanik terhadap kecakapan memelihara sistem kelistrikan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian pada pokok bahasan yang lainuntuk mengetahui lebih jelas tingkat keefektifan dari penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah. Serta melakukan penelitian mengenai faktor-faktor lain yang dapat berinteraksi positif dengan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43314

Actions (login required)

View Item View Item