Implementasi kurikulum muatan lokal di SMPN 02 Pasirian kabupaten Lumajang / Wahyu Widianto <BR> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum muatan lokal di SMPN 02 Pasirian kabupaten Lumajang / Wahyu Widianto <BR>

Widianto, Wahyu (2013) Implementasi kurikulum muatan lokal di SMPN 02 Pasirian kabupaten Lumajang / Wahyu Widianto <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widianto Wahyu. 2013. Implementasi Kurikulum Muatan Lokal di SMPN 02 Pasirian Kab.Lumajang. Skripsi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Zainul Abidin M.Pd dan (II) Dra. Susilaningsih Kata kunci Implementasi Muatan lokal 12288 12288 12288 12288 Kurikulum muatan lokal (Depdiknas 2006) merupakan kurikulum yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan keterampilan dan sikap hidup kepada peserta didik sesuai dengan potensi daerahnya. Pelaksanaan kurikulum muatan lokal tidak diselenggarakan secara terpusat melainkan dikelola oleh satuan pendidikan masing-masing. Pelaksanaan kurikulum muatan lokal semua aspek yang berkaitan dengan keberhasilan muatan lokal harus diperhatikan mulai dari aspek perencanaan pelaksanaan maupun evaluasi/penilaian muatan lokal. Hal inilah yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian implementasi kurikulum muatan lokal di SMPN 02 Pasirian Kab.Lumajang sebagai salah satu satuan pendidikan yang menyelenggarakan dan mengelola kurikulum muatan lokal. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi kurikulum muatan lokal dari perencanaan pelaksanaan dan penilaian/evaluasi. Penelitian implementasi kurikulum muatan lokal di SMPN 02 Pasirian Kab.Lumajang ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan pada Desember sampai Januari 2013 di SMPN 02 Pasirian Kab.Lumajang. Analisis hasil penelitian dari hasil wawancara observasi dan angket yang diberikan kepada guru muatan lokal. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian aspek perencanaan muatan lokal di SMPN 02 Pasirian telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dalam menetapkan muatan lokal sekolah menetapkan berdasarkan kebutuhan peserta didik dan potensi daerah. Selain guru yang berkompeten aspek penunjang seperti sarana dan prasarana juga telah dipersiapkan dengan baik. Pada aspek pelaksanaan sekolah telah melaksanakan segala aspek pelaksanaan dengan baik. Dari pemberian waktu pembelajaran yang sudah mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik. Selain itu para guru juga telah mempersiapkan RPP dan bahan ajar sebelum pembelajaran dilaksanakan. Untuk Proses KBM muatan lokal juga telah dilaksanakan dengan baik guru selalu melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran selain itu guru juga menggunakan media sebagai penunjang pembelajaran. Akan tetapi guru hanya melaksanakan pembelajaran di kelas saja. Setiap akhir pembelajaran guru juga melaksanakan penilaian pembelajaran. Pada aspek penilaian/evaluasi mata pelajaran muatan lokal SMPN 02 Pasirian telah melaksankan kegiatan evaluasi secara kesinambungan. Sasaran dalam evaluasi kurikulum muatan lokal lebih kepada memperbaiki kompetensi siswa dan guru. Untuk perbaikan kompetensi siswa sekolah melakukan kegiatan evaluasi menggunakan acuan kriteria hasil tugas dan ketrampilan siswa. Sedangkan untuk perbaikan kompetensi guru kegiatan evaluasi yang dilakukan sekolah adalah mengirimkan guru untuk mengikuti Workshop MGMP dan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil evaluasi dinyatakan dalam bentuk laporan penilaian kurikulum muatan lokal 12288 12288 12288 12288 Beberapa saran yang dapat disampaikan dari aspek perencanaan dalam menentukan kurikulum muatan lokal sekolah harus menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan potensi daerahnya selain itu sarana dan prasarana lebih ditingkatkan. Pemilihan nara sumber atau guru juga harus sesuai dan berkompeten di bidangnya. Pada aspek pelaksanaan kurikulum muatan lokal sekolah diharapkan lebih memperhatikan pada proses KBM dimana guru seharusnya tidak melaksanakan pembelajaran di kelas saja akan tetapi bisa diluar kelas. Untuk aspek evaluasi/penilaian kurikulum muatan lokal diharapkan sekolah selalu melakukan kegiatan evaluasi setiap tahun agar kurikulum muatan lokal sesuai dengan potensi daerahnya dan kurikulum yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item