Imamuddin, Mohammad (2013) Profil kompetensi profesional guru mata diklat produktif teknik otomotif SMK Negeri 6 Malang / Mohammad Immauddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Imamuddin Mohammad 2013. Profil Kompetensi Profesional Guru Mata Diklat Produktif Teknik Otomotif di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Partono M.Pd. Pembimbing II Drs. Imam Muda Nauri S.T . M.T. Kata kunci Kompetensi Profesional Guru Mata Diklat Produktif Otomotif. Guru adalah seorang pendidik yang harus memiliki integritas yang tinggi. Sehubungan dengan kedudukan seorang guru maka menurut Sardiman (2005 125) guru tidak semata-mata sebagai pengajar yang melakukan transfer of knowledge tetapi juga sebagai pendidikan yang melakukan transfer of values dan sekaligus sebagai pembimbing yang memberikan pengarahan dan menuntun siswa dalam mewujudkan cita-citanya . Tugas pokok seorang guru adalah mendidik peserta didiknya dalam berbagai keilmuan dalam rangka mencapai tujuan dalam meningkatkan pendidikan yang bermutu dan berkualiatas. Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Profil Kompetensi Profesional Guru Mata Diklat Produktif Teknik Otomotif di SMK Negeri 6 Malang Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi dan studi dokumentasi Observasi atau pengamatan merupakan suatu teknik atau cara mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung. Kegiatan pengamatan ini dapat dilakukan secara partisipatif dan non partisipatif (Sukmadinata 2005 220). Metode observasi yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengamati dan memahami fenomena profil kompetensi profesional guru mata diklat produktif teknik otomotif SMK Negeri 6 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Profesional guru dalam penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dan Kompetensi mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif di SMKN 6 Malang sebagai berikut Guru Chasis Otomotif dalam kategori Cukup dengan presentase 72% Guru Engine Otomotif katagori Baik dengan presentase 89 6% Guru Listrik Otomotif katagori Baik dengan presentase 90% Guru Alat Ukur Otomotif katagori Baik dengan presentase 80 5% dan Guru Gambar Otomotif katagori Baik dengan presentase 87 4%. Dengan memperhatikan kesimpulan di atas ada beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu (1)Bagi Guru disarankan untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi yang sudah dinilai baik. Untuk kompetensi yang berada pada penilaian cukup perlu ditingkatkan secara serius dengan mengatasi hambatan yang ada sehingga kompetensi profesional guru bisa dimiliki secara utuh.(2) Bagi Kepala sekolah disarankan agar bisa menciptakan iklim dan budaya sekolah yang kondusif dalam hal meningkatkan kompetensi profesional guru. (3)Bagi peneliti selanjutannya diharapkan untuk meneliti tentang profil kompetensi profesional guru pada objek yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |