Pengaruh model penjadwalan pelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar perawatan sepeda motor siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Sekolah Menengah Kejuruan / Dedi Arsil Majid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model penjadwalan pelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar perawatan sepeda motor siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Sekolah Menengah Kejuruan / Dedi Arsil Majid

Majid, Dedi Arsil (2011) Pengaruh model penjadwalan pelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar perawatan sepeda motor siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Sekolah Menengah Kejuruan / Dedi Arsil Majid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model penjadwalan block release hour release motivasi berprestasi hasil belajar perawatan sepeda motor. Jadwal pelajaran merupakan daftar atau tabel kegiatan pemelajaran atau rencana kegiatan pemelajaran dengan dilengkapi waktu pelaksanaan. Didalam sebuah jadwal akan mengatur lama untuk setiap kali tatap muka serta interval waktu antara tatap muka satu dan yang selanjutnya dalam setiap mata pelajaran. Untuk mendapatkan keefektifan proses pembelajaran maka jadwal pelajaran yang digunakan harus tepat dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan penggunan model penjadwalan block release dan hour release pada pelajaran muatan lokal Teknik Sepeda Motor standar kompetensi Perawatan Sepeda Motor. Hal lain yang berpengaruh pada perolehan hasil belajar perawatan sepeda motor adalah motivasi berprestasi. Jika dalam sebuah kegiatan pembelajaran dilakukan dengan model penjadwalan yang tepat maka siswa dengan motivasi berprestasi tinggi diindikasikan akan memperoleh hasil belajar terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang diajar menggunakan block release dan hour release untuk mengetahui hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dan siswa dengan motivasi beprestasi tinggi serta interaksi yang terjadi antara model penjadwalan dan motivasi berprestasi terhadap pencapaian hasil belajar pada Perawatan Sepeda Motor. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan desain faktorial 2 x 2 yang bertujuan untuk mengetahui model penjadwalan yang lebih unggul dalam mempengaruhi pencapaian hasil belajar tingkatan motivasi berprestasi yang lebih unggul dalam mempengaruhi pencapaian hasil belajar serta interaksi yang terjadi antara model penjadwalan dan tingkatan motivasi berprestasi. Data hasil belajar diperoleh melalui tes akhir berupa tes objektif pilahan ganda dan tes unjuk kerja. Sedang tingkatan motivasi berprestasi diketahui melalui self inventory yang diberikan kepada subjek penelitian. Anava dua jalan akan digunakan untuk menjawab hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan dalam pencapaian hasil belajar atas penggunaan block release dan hour release (2) ada perbedaan yang signifikan dalam pencapaian hasil belajar pada siswa dengan motivasi berprestasi rendah dan siswa dengan motiovasi berprestasi tinggi (3) tidak terjadi interaksi antara model penjadwalan dan motivasi berprestasi. Besar pengaruh pencapaian hasil belajar yang ditimbulkan akibat penggunaan model penjadwalan adalah sebesar 33% sedangkan besar pengaruh pencapaian hasil belajar yang ditimbulkan akibat motivasi berprestasi adalah 47%. Secara simultan pengaruh kedua variabel tersebut dalam pencapaian hasil belajar adalah 54%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) agar digunakannya model penjadwalan block release untuk meningkatkan hasil belajar di SMK Negeri 1 Banyuanyar terutama pada standar kompetensi Perawatan Sepeda Motor atau mata pelajaran lain yang karakteristiknya memiliki kemiripan (2) selalu memberikan dorongan terhadap motivasi berprestasi peserta didik sehingga hasil belajar bisa lebih optimal dan (3) penerapan model penjadwalan block release tidak terbatas pada salah satu tingkatan motivasi berprestasi tetapi dapat diaplikasikan pada seluruh siswa dengan berbagai tingkatan motivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43135

Actions (login required)

View Item View Item