Studi tentang keberadaan dan pemanfaatan multimedia untuk pembelajaran program produktif Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Singosari Malang / Tommy Hariadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang keberadaan dan pemanfaatan multimedia untuk pembelajaran program produktif Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Singosari Malang / Tommy Hariadi

Hariadi, Tommy (2011) Studi tentang keberadaan dan pemanfaatan multimedia untuk pembelajaran program produktif Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Singosari Malang / Tommy Hariadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keberadaan Pemanfaatan Multimedia Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Singosari Malang. SMK Negeri 1 Singosari Malang merupakan Sekolah Bertaraf Internasional. Dalam Permendiknas No. 78 Tahun 2009 tiap proses pembelajaran sarana dan prasarana serta menejemen SBI berbasiskanTIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Multimedia merupakan bentuk TIK dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan dan pemanfaatan multimedia pembelajaran di Program Studi Keahlian Teknik OtomotifSMK Negeri1Singosari Malang yang sudah menjadi SMK-BI.Pendekatan yang digunakandalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptifkualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Keberadaanmultimedia pembelajaran produktifpada Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Singosari ada sejak sebelum SMK Negeri 1 Singosari menjadi SMK-BI 2) Pemanfaatan multimedia pembelajaran produktif pada Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Singosari masih belum optimal Pemanfaatan ruang multimedia hanya sebagai fasilitas pendukung dan ruang kelas pelajaran teori Tujuan guru untuk meningkatkan belajar siswaaktifterhambat karena bahan pembelajaran yang kurang dan sulit dipahami siswa 3) Hambatan dalam pemanfaatan multimedia pembelajaran masih ada beberapa guru yang belum bisa menggunakan secara optimal perlengkapan multimedia Masih belum adanya jadwal dan prosedur penggunaan ruang danperalatan multimedia Lambatnya penanganan kerusakan perlengkapan multimedia Kecilnya akses internet ketika guru mencari bahan ajar multimedia Terbatasnya bahan ajar multimedia sehingga dalam penggunaannya harus bergantian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar 1) Pembuatan tata tertib pelaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia 2) Pembuatan CD interaktif sendiri 3) Bagi peneliti lain disarankan untuk meneliti kesesuaian perlengkapan praktikum dengan bahan ajar multimedia interaktif teknologi Ototronik untuk SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43128

Actions (login required)

View Item View Item