Implementasi tools of total quality management (TQM) berbasis ISO 9001:2008 dalam penjaminan mutu sekolah (studi kasus di SMA Negeri 3 Malang) / Rochmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi tools of total quality management (TQM) berbasis ISO 9001:2008 dalam penjaminan mutu sekolah (studi kasus di SMA Negeri 3 Malang) / Rochmawati

UNSPECIFIED (2010) Implementasi tools of total quality management (TQM) berbasis ISO 9001:2008 dalam penjaminan mutu sekolah (studi kasus di SMA Negeri 3 Malang) / Rochmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci TQM Tools of TQM ISO 9001 2008 Penjaminan Mutu Konsep kualitas pendidikan memandang bahwa pemberian layanan jasa dan produk merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah proses dan berlangsung secara berkesinambungan. Kualitas suatu sekolah tentunya tidak lepas dari adanya penjamin mutu (quality assurance). Sebagai bentuk produktivitas peningkatan kualitas penjamin mutu perlu mengimplementasikan manajemen kualitas secara total yakni TQM. Dimensi-dimensi TQM yang komprehensif memberi ruang gerak dalam setiap segi upaya perbaikan kualitas. Pemanfaatan segenap tools yang berada didalamnya menunjang dalam proses peningkatan kualitas secara berkala. Apabila dipadukan dengan ISO 9001 2008 tentunya hal tersebut merupakan langkah inovatif dan strategis dalam upaya perbaikan dan peningkatan kualitas secara terus-menerus dan berkesinambungan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup orientasi dasar implementasi tools of TQM berbasis ISO 9001 2008 dalam penjaminan mutu proses implementasi fokus orientasi jenis tools of TQM faktor penghambat alternatif cara mengatasi faktor penghambat faktor pendukung dan pemberdayaan faktor pendukung implementasi tools of TQM berbasis ISO 9001 2008 di SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan profil SMA Negeri 3 Malang yang mengimplementasikan tools of TQM sebagai manajemen total dengan berbasis pada sertifikat ISO 9001 2008 dan adanya Unit Penjamin Mutu (UPM) sebagai unit pengembangan kualitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai key instrument. Informan dalam penelitian ini terdiri dari (a) Kepala Sekolah (b) Ketua UPM (c) Waka Kurikulum (d) Guru (e) Siswa dan (f) Orang tua siswa sebagai stakeholder sekolah. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan menggunakan empat kriteria meliputi (a) credibility dengan ketekunan pengamatan triangulasi pengecekan anggota dan kecukupan referensial (b) tranferbility (c) dependability dan (d) comfirmabilitas. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap (a) reduksi data yaitu penelaahan dalam memilah data yang diterima disesuaikan kondisi lapangan yang ada (b) display data yaitu hasil dari reduksi yang disusun secara terstruktur dan (c) verifiksi data yaitu mengkroscek kecocokan makna data yang diperoleh dari lapangan untuk mencapai kesimpulan yang kuat. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan penelitian sebagai berikut (1) Profil kualitas SMA Negeri 3 Malang seiring perjalanan pengabdiannya senantiasa berkembang dengan memiliki strategi unggul dalam proses penjaminan kualitasnya yaitu melalui implementasi tools of TQM berbasis pada ISO 9001 2008 sebagai upaya peningkatan kualitas secara komprehensif (2) orientasi implementasi TQM berbasis ISO 9001 2008 dalam penjaminan mutu di SMA Negeri 3 Malang adalah sebagai upaya peningkatan kualitas jasa pendidikan kualitas lulusan atau produk dan produktivitas kualitas UPM sebagai quality assurance yang bertujuan guna kepuasan pelanggan (customer satisfaying) (3) implementasi tools of TQM adalah sebagai media dalam mengidentifikasi dan memecahkan persoalan secara kreatif dalam upaya perbaikan dan peningkatan kualitas (4) fokus orientasi implementasi jenis tools of TQM yang digunakan adalah Diagram Ishikawa dan flowchart (5) faktor penghambat ditinjau dari segi internal yang meliputi (a) pelayanan pendidikan tidak sesuai (b) kondisi lingkungan alam dan (c) tingkat kompetensi SDM dan dari segi eksternal meliputi jalinan link kerjasama Internasional) (6) alternatif cara mengatasi faktor penghambat dari segi internal dengan cara (a) menjalin link kerjasama dengan pihak pemilik fasilitas atau membeli lahan baru guna memenuhi layanan jasa pendidian (b) meningkatkan kedisiplinan dengan kesiapsiagaan dan menumbuhkan jiwa enterpreneurship dan (c) melalui UPM sebagai quality assurance diadakannya berbagai pelatihan dan pengembangan kompetensi. Sedang dari segi eksternal caranya dengan menggunakan teknologi informasi dan penguasaan bahasa asing ditunjang komunikasi efektif pada segenap stakeholder (7) faktor pendukung ditinjau dari segi internal meliputi (a) kerja tim yang efektif (b) beragam metode pembelajaran dan (c) perolehan standar ISO 9001 2008 sertifikat Cambridge dan RSBI menuju SBI dari segi eksternal meliputi (a) kemudahan sarana transportasi (b) link Kerjasama alumni masyarakat dan dunia Internasional (8) pemberdayaan faktor pendukung ditinjau dari segi internal meliputi (a) mengefektifkan kerja tim secara lebih maksimal dengan pengelolaan SDM mengacu pada standar ISO 9001 2008 Clausul Nomor 6 poin 2 (b) metode pembelajaran inovatif dengan implementasi Kurikulum SMA Negeri 3 Malang berbasis ITI dan penggunaan English Every Day (c) ISO 9001 2008 Sertifikat Cambridge dan RSBI menuju SBI dengan dijadikannya standar ISO 9001 2008 basis dalam perbaikan dan peningkatan kualitas SMA Negeri 3 Malang sedangkan apabila ditinjau dari segi eksternal pemberdayaannya meliputi (a) penggunaan sarana transportasi dan membuka peluang entrepreneurship ditunjang dengan penyediaan program persewaan bus sekolah untuk travelling dan (b) Link kerjasama Internasional dengan pemberdayaan segenap stakeholder. Saran yang dapat direkomendasikan dalam penelitian ini sesuai basis standar yang digunakan yaitu ISO 9001 2008 maka perlu adanya penyesuaian dan pemaksimalan program secara komprehensif dalam perbaikan dan peningkatan kualitas secara continue. Penekanan pada zero defect yang didukung dengan kompetensi produktivitas dan efektifitas kerja tim perlu senantiasa dikedepankan. Pemberdayaan melalui faktor pendukung sebagai asset yang telah ada senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan dengan tujuan dapat memenuhi apa yang diinginkan dan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan sehingga dalam implementasinya dapat memberi kepuasan bagi pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4301

Actions (login required)

View Item View Item