Muhammad Praditama (2010) Model pengambilan keputusan yang diterapkan kepala sekolah (studi kasus di SD Negeri Gambiran I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan) / Muhammad Praditama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci model pengambilan keputusan Pendidikan yang ada di sekolah merupakan serangkaian proses memberikan tuntunan kepada warga sekolah yang diberikan oleh orang yang paling bertanggung jawab yaitu Kepala Sekolah. Pendidikan dapat dilakukan pada lembaga pendidikan yaitu lembaga pendidikan formal yakni sekolah lembaga pendidikan nonformal seperti kursus-kursus dan lembaga pendidikan informal yaitu yang dilakukan dalam keluarga dan masyarakat. Pada umumnya sekolah adalah salah satu tempat yang paling memungkinkan yang paling dipercaya untuk meningkatkan suatu pengalaman dan meningkatkan kemampuan manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Kepala Sekolah sebagai tokoh sentral di sekolah mempunyai peranan sangat penting yang akan menentukan suasana di sekolah peraturan yang akan diterapkan yang melalui proses pengambilan keputusan yang tepat. Dalam pengambilan keputusan kepala sekolah harus berhati-hati sebelum keputusan tersebut disosialisasikan pada warga sekolah. Hal ini karena apa yang disampaikan kepala sekolah senantiasa didengar dan selanjutnya akan diterapkan oleh warga sekolah. Peran seorang Kepala Sekolah sangatlah besar yang nantinya akan berdampak sangat besar pula terhadap kehidupan di sekolah. Peran Kepala Sekolah antara lain sebagai administrator pendidik pemimpin dan motivator bawahannya. Dari konteks tersebut Kepala Sekolah mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan sekolah karena Kepala Sekolah dianggap sebagai seorang pemimpin yang mampu memberikan teladan yang baik untuk dijalankan. Kepala sekolah adalah pemimpin sekaligus berfungsi sebagai manajer. Ukuran kinerjanya ditentukan oleh tingkat kepiawaiannya menguasai ilmu pengetahuan dalam memotivasi bawahannya menggerakkan bawahannya untuk bisa mengembangkan dirinya dan bekerja sama untuk mencapai tujuan. Sebagai manajer Kepala Sekolah mengembangkan keunggulan sekolah yang dimulai dari perencanaan sampai evaluasi agar sekolah dapat mewujudkan keunggulan sekolah sehingga dapat beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi sesuai dengan kebutuhan pengembangan mutu sumber daya manusia. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan diperoleh tiga fokus masalah yang diteliti yaitu (1) bagaimanakah teknik yang digunakan Kepala Sekolah dalam pengambilan keputusan (2) bagaimanakah proses pengambilan keputusan yang di terapkan oleh Kepala Sekolah dan (3) bagaimanakah gaya yang digunakan Kepala Sekolah dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Proses pengumpulan data meliputi (1) teknik observasi partisipasi Generated by Foxit PDF Creator Foxit Software http //www.foxitsoftware.com For evaluation only. ii (2) teknik wawancara mendalam (3) teknik dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan (1) ketekunan pengamatan (2) triangulasi sumber data triangulasi peneliti triangulasi metode dan (3) kecukupan referensial. Temuan penelitian antara lain (1) Kepala Sekolah menggunakan teknik partisipatif demokratik di dalam pengambilan keputusan (2) Proses yang digunakan Kepala Sekolah dalam pengambilan keputusan adalah (a) Mengidentifikasi masalah (b) Mengembangkan alternatif-alternatif (c) Pemilihan alternatif terbaik (d) Implementasi keputusan (e) Evaluasi keputusan (3) Kepala Sekolah menunjukkan gaya konsultasi di dalam pengambilan keputusan. Dari hasil penelitian disarankan (1) Bagi Kepala Sekolah diharap tetap mempertahankan model yang telah diterapkan dalam proses pengambilan keputusan di Sekolah dan lebih meningkatkan situasi kekeluargaan antara Kepala Sekolah dan karyawan sekolah sehingga model yang selama ini diterapkan bisa lebih baik dan maksimal (2) Bagi Guru dan staf TU diharapkan lebih terbuka agar dapat memberikan sumbangsih pemikiran yang lebih maksimal saat rapat-rapat pengambilan keputusan sehingga alternatif-alternatif yang muncul lebih banyak (3) Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan menambah dan memperbanyak referensi tentang teknik gaya dan model pengambilan keputusan Kepala Sekolah (4) Bagi peneliti lain yang ingin mengadakan penelitian dengan tema sejenis diharapkan dapat memperdalam aspekaspek lain tentang model pengambilan keputusan yang diterapkan Kepala Sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |