Indasah, Indasah (2023) Implementasi pendidikan karakter melalui metode montessori pada PAUD di lingkungan pesantren. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi Implementasi pendidikan karakter untuk mempersiapkan mereka kelak sebagai pribadi yang mempunyai identitas diri, sekaligus menuntun anak untuk menjadi manusia berbudi pekerti, melalui pembiasaan dan keteladanan. Melalui Montessori menekankan eksperiensial , one on one lesson, peace education terhadap perilaku peserta didik tersebut dengan mencari kegiatan yang relevan dengan mereka dengan menggunakan berbagai macam cara dan alat tentunya. Pada akhirnya Montessori membuat suatu kesimpulan bahwa semakin menantang materi pembelajaran melalui alat peraga yang disiapkan dengan pengendali kesalahan yang ada dalam alat peraga tersebut, semakin materi itu menarik bagi peserta didik. Fokus penelitian pada tesis ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Pada PAUD Melalui Metode Montessori menekankan proses belajar eksperiensial Di Lingkungan Pesantren RA Al-Khoiriyah, Baron, Nganjuk? (2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Pada PAUD Melalui Metode Montessori menekankan proses belajar one-on-one lesson Di Lingkungan Pesantren RA Al-Khoiriyah, Baron, Nganjuk? (3) Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Pada PAUD Melalui Metode Montessori menekankan proses belajar peace education Di Lingkungan Pesantren RA Al-Khoiriyah, Baron, Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan penelitian jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan,P kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian: (1) Implementasi Pendidikan Karakter Pada PAUD Melalui Metode Montessori menekankan proses belajar eksperiensial Di Lingkungan Pesantren, Guru dalam proses belajar secara aktif sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. (2) Implementasi Pendidikan Karakter Pada PAUD Melalui Metode Montessori menekankan proses belajar one on one lesson di Lingkungan Pesantren, guru memberikan satu tema dan membimbing peserta didik dengan belajar langsung untuk menunjang kebutuhan belajar sehingga peserta didik dapat perhatian penuh dari guru dalam proses belajar dan guru akan memperhatikan dari jauh dengan itu peserta didik akan membentuk kemandiriannya dengan penekanan proses belajar One-on-One Lesson. (3) Guru membantu peserta didik untuk memiliki kemampuan mengatasi konflik dan masalahnya sendiri, tanpa kekerasan dan dengan cara yang kreatif. Dalam menekankan proses belajar Peace education ini peserta didik diajarkan untuk rasa saling menghargai, saling menghormati, dan mencintai sesama. mengubah sikap individual ke arah saling menghargai perbedaan dalam keberagaman kelompok, sebagai realitas kehidupan yang harus dihadapi oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pendidikan Karakter, Metode Montessori, PAUD Di Lingkungan Pesantren |
Subjects: | P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 08:00 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 08:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4286 |
Actions (login required)
View Item |