Hubungan antara kelengkapan peralatan gambar, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin di SMK Negeri 1 Singosari / Sugeng Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kelengkapan peralatan gambar, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin di SMK Negeri 1 Singosari / Sugeng Purnomo

UNSPECIFIED (2010) Hubungan antara kelengkapan peralatan gambar, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin di SMK Negeri 1 Singosari / Sugeng Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gambar Teknik Mesin adalah salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa program studi Teknik Permesinan jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Singosari. Dalam menempuh pelajaran tersebut dibutuhkan beberapa perlengkapan peralatan gambar yang dapat mendukung siswa agar dapat memperoleh prestasi yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelengkapan peralatan gambar motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Singosari. Dari 110 populasi siswa program studi Teknik Permesinan pada kelas X dan XI diambil secara acak sampel sebesar 86 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi observasi dan instrumen berupa angket yang ditujukan pada siswa. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif korelasi Product Moment Pearson dan Regresi Ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama sedikit sekali siswa yang mempunyai kelengkapan peralatan gambar dengan kondisi baik (5 81 %) separuh siswa mempunyai kelengkapan peralatan gambar dengan kondisi buruk (52 33 %) sebagian kecil siswa tidak mempunyai kelengkapan peralatan gambar tetapi pinjam (34 88 %) dan sedikit sekali siswa yang tidak mempunyai kelengkapan peralatan gambar secara keseluruhan dan tidak pinjam (6 98 %). Kedua sedikit sekali siswa yang mempunyai motivasi belajar sangat tinggi (13 95 %) separuh siswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi (41 86 %) sebagian kecil dari siswa mempunyai motivasi belajar yang kurang tinggi (39 53 %) dan sedikit sekali siswa yang mempunyai motivasi belajar yang rendah (16 28 %). Ketiga separuh siswa yang mempunyai prestasi belajar yang baik (51 16 %) sebagian kecil siswa mempunyai prestasi belajar yang sangat baik (24 42 %) sebagian kecil siswa mempunyai prestasi belajar yang kurang baik (22 09 %) dan sedikit sekali siswa yang mempunyai prestasi belajar yang tidak baik (2 33 %). Keempat ada hubungan yang signifikan antara kelengkapan peralatan gambar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin dengan harga r(hitung) sebesar 0 575 dengan taraf signifikasi 0 000 sementara itu harga r(tabel) dengan taraf kepercayaan 5% sebesar 0 212. Kelima ada hubungan yang signifikan antara kelengkapan peralatan gambar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin dengan harga r(hitung) sebesar 0 554 dengan taraf signifikasi 0 000 sementara itu harga r(tabel) dengan taraf kepercayaan 5% sebesar 0 212. Keenam ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin dengan harga r(hitung) sebesar 0 591 dengan taraf signifikasi 0 000 sementara itu harga r(tabel) dengan taraf kepercayaan 5% sebesar 0 212. Ketujuh ada hubungan yang signifikan antara kelengkapan peralatan gambar motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin dengan harga r(hitung) sebesar 0 647 dengan taraf signifikasi 0 000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42846

Actions (login required)

View Item View Item